Sea Games 2021 akan segera dimulai, cabang sepak bola selalu menjadi sorotan utama dalam kompetisi termegah di Asia Tenggara itu.

Vietnam selaku tuan rumah akan melawan Timnas Indonesia pada tanggal 6 Mei 2022, skuad Garuda sendiri sudah lakukan persiapan dengan jalani pemusatan latihan di Korea Selatan.

Jelang pertemuan kedua tim hebat tersebut, media Vietnam soroti pernyataan Shin Tae-yong yang masih ajarkan teknik dasar sepak bola.

Hal itu disampaikan oleh Shin Tae-yong kepada media lokal Korea Selatan bernama Sports Donga beberapa waktu lalu saat jalani pemusatan latihan.

Shin Tae-yong mengatakan pemain Indonesia perlu meningkatkan kemampuan dalam mengambil keputusan sebelum menghadapi situasi selanjutnya.

“Saya harus menganalisis para pemain kapan harus menyundul, mengoper bola, bagaimana menangani situasi, dan mengapa harus mengoper kepada rekan satu tim,” kata Shin dikutip Sports Donga.

“Selanjutnya, saya mengajarkan teknik dasar sepak bola seperti sundulan, tembakan, dan operan kepada para pemain,” tambah ahli strategi asal Korea itu.

Namun dikabarkan media Vietnam, Shin Tae-yong mengaku tidak puas sama sekali dengan pencapaian selama TC.

Baca Juga:   Dapat Kesempatan Kedua Dari Shin Tae-yong, Ilija Spasojevic Sangat Percaya Diri

Shin Tae-yong mengatakan, pemain Timnas Indonesia U-23 perlu menjaga fokus, bermain dengan tenang, dan lebih cerdas. Selain itu, mereka juga perlu meningkatkan mentalitas.

“Secara fisik, pemain sudah membaik. Tapi dari segi performa dan semangat, Indonesia U-23 belum sesuai harapan.”

“Saya juga selalu mengingatkan para pemain untuk selalu memahami situasi sebelum menerima bola. Mereka juga perlu membaca dan menangani berbagai hal lebih baik,” pungkas Shin Tae-yong.

Psywar antar media kini sedang terjadi, Vietnam sendiri ragu apakah bisa menjadi juara di Sea Games 2021 cabang olahraga sepak bola.

Baca Juga:   Kesulitan Lawan Bangladesh, Pengamat Sepak Bola Kritik Keputusan Shin Tae-yong Tak Andalkan Spasojevic

“Saya tidak tahu apakah timnas Vietnam U-23 bisa menjadi juara SEA Games atau tidak. Kami hanya bisa melakukan yang terbaik,” ucap Hang Seo dikutip dari Bongda.

Disisi lain, Shin Tae-yong yang memang sudah dituntut untuk segera memberikan juara kepada Indonesia kini sedang sangat optimis bisa meraih medali emas.

Tentu tidak hanya ucapan semata, mengingat coach Shin Tae-yong adalah pelatih hebat kelas dunia bahkan pernah mengantarkan Korea Selatan kalahkan Jerman 2-0 di Piala Dunia.

(Editor/Yusril Fahmi)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan