Meskipun kalah dari Jepang, Timnas Indonesia tetap lolos ke 16 besar Piala Asia 2023. Namun, ada syarat yang harus dipenuhi jika kondisi di atas terjadi.

Semalam, Timnas Indonesia menang 1-0 atas Vietnam di matchday kedua Grup D Piala Asia 2023. Gol tunggal kemenangan Timnas Indonesia diciptakan Asnawi Mangkualam via titik putih.

Beberapa jam sebelumnya, di luar dugaan Irak menang 2-1 atas Jepang. Alhasil, Irak duduk di puncak klasemen Grup D Piala Asia 2023 dengan enam angka.

Berhubung head-to-head yang dijadikan tolok ukur ketika nantinya ada dua tim atau lebih memiliki poin sama, Irak sudah dipastikan finis sebagai juara grup. Sebab, Irak di dua laga awal menang 3-1 atas Timnas Indonesia dan menang 2-1 kontra Jepang.

Menyusul di posisi dua ada Jepang dan Timnas Indonesia yang sama-sama mengoleksi tiga angka. Jepang berada di posisi yang lebih baik karena unggul selisih gol atas Timnas Indonesia, yakni +1 berbanding -1.

Baca Juga:   Sikap Teladan Pelatih Singo Edan Saat Pelatih Liga 1 Ramai-Ramai Kritik STY,  Prestasi Timnas adalah Prioritas

Bagaimana dengan Vietnam? Skuad asuhan Philippe Troussier sudah dipastikan tersingkir karena gagal meraih poin dalam dua laga awal. Atas hasil ini, Jepang dan Timnas Indonesia berebut satu tiket lolos otomatis ke 16 besar Piala Asia 2023.

Kedua tim ini bakal bertemu di matchday ketiga Grup D Piala Asia 2023, Rabu 24 Januari 2024 pukul 18.30 WIB. Sekadar diketahui, selain juara dan runner-up grup, ada empat tim peringkat tiga terbaik yang berhak lolos ke 16 besar Piala Asia.

Bagi Jepang, kemenangan atau hasil imbang atas Timnas Indonesia bakal meloloskan mereka ke 16 besar Piala Asia 2023 sebagai runner-up Grup D. Sementara itu, Timnas Indonesia wajib mengalahkan Jepang jika ingin finis runner-up.

Baca Juga:   PSSI Pamer Pemain Naturalisasi Berikutnya! Netizen: Siapa lagi?

Lantas, bagaimana jika Timnas Indonesia kalah dari Jepang? Timnas Indonesia masih punya peluang lolos ke 16 besar Piala Asia 2023 sekalipun kalah dari Jepang.

Syaratnya, Timnas Indonesia tetap menempati peringkat empat besar di klasemen akhir peringkat tiga terbaik. Saat ini setelah seluruh laga Grup A-D memainkan dua laga (minus Grup E dan F yang baru memainkan satu pertandingan(, Timnas Indonesia menempati posisi puncak klasemen peringkat tiga terbaik dengan tiga poin.

Timnas Indonesia unggul dua angka dari Suriah, Tajikistan dan Palestina yang menempati peringkat dua, tiga dan empat. Namun, satu catatan lagi, jika pun kalah dari Jepang, Timnas Indonesia pantang kalah telak. Sebab, selisih gol juga penting dalam perhitungan klasemen akhir peringkat tiga terbaik Piala Asia 2023.

Berikut klasemen sementara peringkat 3 terbaik Piala Asia 2023:

1. Indonesia (D): Main 2, Menang 1, Seri 0, Kalah 1, Poin 3, Selisih Gol -1 (2-3)

2. Suriah (B): Main 2, Menang 0, Seri 1, Kalah 1, Poin 1, Selisih Gol -1 (0-1)

3. Tajikistan (A): Main 2, Menang 0, Seri 1, Kalah 1, Poin 0, Selisih Gol -1 (0-q)

4. Palestina (C): Main 2, Menang 0, Seri 1, Kalah 1, Poin 0, Selisih Gol -3 (2-5)

5. Oman (F): Main 1, Menang 0, Seri 0, Kalah 1, Poin 0, Selisih Gol -1 (1-2)

6. Bahrain (E): Main 1, menang 0, Seri 0, Kalah 1, Poin 0, Selisih Gol -2 (1-3) .

Sumber: Okezone

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan