Pemain sepak bola Eropa memiliki keturunan Indonesia, Jordi Amat kini sudah dikonfirmasi tak melanjutkan kariernya di klub asal Belgia, KAS Eupen.

Setelah cukup lama membela klub divisi utama Liga Belgia tersebut, Jordi Amat akan hengkang usai kontraknya habis, kontrak dari kedua belah pihak akan habis pada 30 Juni 2022.

“Kapten tim Jordi Amat meninggalkan KAS Eupen. Kontrak bek tengah berusia 30 tahun itu, yang akan berakhir pada 30 Juni, tidak akan diperpanjang,” demikian pernyataan resmi KAS Eupen, Senin, 11 April 2022.

Yang membuat heboh, KAS Eupen umumkan bahwa Jordi Amat rencananya akan melanjutkan kariernya di Indonesia, sang pemain memang sedang dalam proses naturalisasi.

Jordi Amat bersama Sandy Walsh dan Shayne Pattynama sudah diproses dalam naturalisasi dan akan segera mendapatkan status warga negara Indonesia (WNI) agar bisa bela Timnas Indonesia.

“Jordi Amat mengucapkan selamat tinggal kepada tim pada Senin, 11 April 2022 ini dan berencana untuk melanjutkan kariernya di Indonesia.”

“Pesepak bola asal Spanyol itu telah mengajukan kewarganegaraan Indonesia dan merupakan calon pemain timnas Indonesia,” kata KAS Eupen.

Jordi Amat cukup lama bersama KAS Eupen, ia membela klub asal Belgia itu sejak 2019 dan sejauh ini sudah bermain sebanyak 86 laga, pihak klub juga berterima kasih atas jasa sang pemain.

KAS Eupen turut mendoakan yang terbaik untuk karier Jordi Amat.

“KAS Eupen mendoakan yang terbaik dan sukses untuk Jordi Amat untuk perjalanan karier selanjutnya,” tulisnya.

Sebelumnya, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengatakan proses naturalisasi terhadap Sandy Walsh dan Jordi Amat berjalan positif.

Ia menuturkan federasi serius mengawal proses naturalisasi sesuai permintaan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Baca Juga:   Diminta Stay di Eropa, Jordi Amat Puji Perekembangan Sepak Bola Asia

“Hasani dan Hamdan sudah bertemu mereka di sana dan memberikan perkembangan terkini setiap harinya. Hasilnya positif.”

“Semoga mereka bisa cepat bergabung dengan timnas,” kata Iriawan mengutip situs PSSI, Selasa, 12 April 2022.

Diumurnya yang sudah 30 tahun namun tetap mendapatkan kepercayaan dari Shin Tae-yong membuat Jordi Amat tidak bisa dianggap remeh meski sudah berumur.

Mengingat seleksi yang digunakan oleh Shin Tae-yong sangatlah ketat, bahkan Spasojevic saja tak masuk Timnas Indonesia.

(Editor/Gamin Min)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan