Liga 1  

Mengenal Lebih Jauh Klub Sepak Bola Arema FC Secara Lengkap

Arema FC untuk Liga 1 2021
Arema FC untuk Liga 1 2021 (Foto: Okezone)

SeputarBola.ID – Sebagai warga negara Indonesia, pasti kenal dengan sosok klub sepak bola profesional bernama Arema FC. Bagi anda yang ingin tahu lebih lengkap tentang profil Arema, mari simak pembahasan berikut ini.

Arema malang ini merupakan sebuah klub sepak bola yang berasal dari Malang, Jawa Timur, Indonesia. Pertama kali di dirikan tepat tanggal 11 Agustus 1987. Menariknya klub sepak bola ini di kenal dengan julukan unik, yaitu Singo Edan.

Sejak hadirnya di dunia sepak bola Nasional, kini Arema telah menjadi sebuah ikon dari warga Malang Raya. Tak heran ketika anda berkunjung di kota Malang, pasti di setiap sudut kota terdapat patung maupun gambar singa. Sebab merupakan sebuah simbol kebanggaan dari warga Malang.

Baca Juga:   Bali United FC Klub Sepak Bola Indonesia

Di tambah lagi sekelompok suporter atau pendukung setia klub sepak bola Arema. Mereka di kenal sebagai Aremania untuk suporter laki-laki, sedangkan Aremanita merupakan julukan suporter perempuan.

Sejarah Tentang Arema

Dulu sejak berdirinya di tanggal 11 Agustus 1987, Arema Football Club merupakan nama resminya. Sebelum itu masih menyandang nama Aremada yaitu, gabungan dari Arema dan Armada. Kemudian lambat laun berevolusi menjadi Arema 86′ atas binaan bapak Derek.

Namun sesaat setelah pengambilan alih oleh Acub Zaenal, di rubah lagi namanya menjadi klub sepak bola Arema Indonesia. Pengambilan simbol singa ini tak luput dari awal berdirinya tepat di bulan Agustus, yang mana identik dengan horoscope zodiak Leo atau Singa.

Baca Juga:   Belum Terima Terdegradasi, Persipura Kirim Surat ke PSSI dan Akan Lapor ke FIFA

Adapun pemain klub Arema pertama kali ialah Yohanes Geohera, Jamrawi, Jonathan, Kusnadi Kamaludin, Maryanto, Dony Latupeirisa, Aji Santoso, Mecky Tata, Singgih Pitono, Mahdi Haris dengan pelatihnya bernama M Basri.

Sepak terjang di Galatama, Arema tidak bisa konsisten menduduki jajaran papan bawah klasemen. Namun tepat di era tahun 1992, mereka berhasil menjuarai kompetisi Galatama untuk pertama kalinya.

Seiring berjalannya waktu Arema Indonesia semakin menampakkan perubahan yang besar. Tepat saat mengikuti Liga Indonesia tahun 1996-1997, sempat masuk tujuh kali putaran kedua sampai ke 12 besar. Dan berhasil enam kali masuk 8 besar di tahun 1999-2000, 2001, 2002, 2005, 2006 dan 2007.

Namun cukup di sayangkan setiap musim pertandingan, manajemen klub selalu berganti-ganti. Bayangkan saja di era tahun 2003 Arema pernah mengalami kesulitan dana, hingga berimbas pada prestasi tim. Kemudian di serahkan ke PT Bentoel sebagai pengelola Arema saat pertengahan musim kompetisi 2003.

Baca Juga:   Resmi! Persib Bandung Dapatkan Kabar Baik Jelang Tanding di Perempat Final Piala Presiden 2022

Awal Kebangkitan Tim Arema

Sejak saat itulah prestasi Arema mulai bangkit. Sehingga mencatat kejuaraan Divisi 1 tahun 2004, 2005 – 2006 berhasil menjadi juara Copa Indonesia. Serta di tahun 2007 meraih kejuaraan Piala Soeratin.

Sedangkan di kompetisi Liga Super Indonesia (ISL) ke 1 tahun 2008, Arema berada di urutan nomor 10. Namun di tahun 2009, pemilik klub sepak bola Arema yaitu PT Bentoel Investama Tbk melepasnya ke kumpulan orang peduli Arema. Adapun pelepasan itu tak luput dari penjualan saham mayoritas.