Tim nasional Indonesia U-23 yang sedang mempersiapkan skuad terbaiknya untuk Sea Games 2021 mendapatkan sorotan serius dari media Vietnam.

Tak hanya taktik, rumor mengenai para pemain Timnas Indonesia yang bisa bergabung maupun tidak juga menjadi sorotan media Vietnam bernama Soha.vn.

Sebuah hal wajar sebetulnya mengingat Vietnam dan Timnas Indonesia tergabung dalam grup yang sama yaitu Grup A bersama Myanmar, Filipina, dan Timor Leste di Sea Games 2021.

Di artikel terbarunya, mereka memberitakan Asnawi Mangkualam yang sulit mendapat izin dari Ansan Greeners untuk memperkuat Timnas Indonesia U-23 di Sea Games 2021.

“Pelatih Park Hang-seo menerima kabar baik dari Korea sebelum perang besar dengan saingannya (timnas Indonesia),” tulis Soha.vn.

“Chosun (Korea) mengungkap informasi yang sangat penting, yakni Ansan Greeners sepertinya menolak melepas Asnawi untuk Indonesia U-23.”

Seakan berharap, mereka menganggap dengan tidak adanya Asnawi Mangkualam akan semakin mempermudah atau memperbesar peluang Vietnam untuk menang di laga pembuka.

“Hal ini juga semakin membuka peluang bagi Vietnam U-23 saat kedua tim saling berhadapan sejak laga pembuka (6 Mei),” imbuhnya.

Baca Juga:   Kualifikasi Piala Asia Belum Dimulai, Komentar India Soal Indonesia Bikin Gempar!

Menurut laporan dari Chosun, Ansan Greeners memang masih galau untuk melepaskan Asnawi Mangkualam karena ia cukup berpengaruh terhadap permainan klub.

“Ansan terganggu oleh permintaan untuk Asnawi. Jika melepaskannya, takut kekuatan melemah.”

“Dan jika tidak melepaskannya, saya khawatir dengan pelatih Shin,” ungkap media Korea Selatan, Chosun pada Senin (25/04/22) kemarin.

Asnawi Mangkualam memang mampu membuat Shin Tae-yong terpesona dengan permainannya, bahkan ia mendapatkan pujian setinggi langit dari pelatih asal Korea Selatan itu.

“Di Asia Tenggara, dia merupakan pemain belakang berlabel papan atas.”

Baca Juga:   Akan Bertarung di Piala Asia, Media Vietnam Remehkan Indonesia Ungkit Sejarah Tak Pernah Lolos Fase Grup

“Jika saja (kami) mempunyai lima pemain seperti Asnawi, kami bisa langsung mendapatkan kemenangan,” ujar Tae-yong dilansir dari Chosun.

“Saya sudah menyampaikan kepada pelatih Cho Min-kook kalau Asnawi akan bagus jika dimanfaatkan sebagai bek sayap kanan dengan formasi tiga bek.”

“Kendati demikian, itu merupakan wewenang penuh pelatih untuk memanfaatkan para pemainnya bergantung kepada kebutuhan tim.”

“(Tim nasional) mempunyai pemain Eropa yang bisa bertugas sebagai penyerang sayap, sehingga Asnawi akan sangat berguna di sektor pertahanan,” ujar menambahkan.

(Editor/Yusril Fahmi)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan