Jordi Amat dan Sandy Walsh sudah tanda tangani dokumen bersama PSSI untuk keperluannn naturalisasi, meski begitu mereka harus selesaikan proses administrasi dari Kemenkunham.

Sandy Walshh dan Jordi Amat sebelumnya pernah bertemu di Eropa, pertemuan tersebut untuk mengurus dokumen untuk keperluan naturalisasi dua pemain keturunan tersebut.

Hasani Abdulgani yang ditemani oleh Hamdan kini sudah kembali ke Indonesia usai mendapatkan tanda tangan di dokumen yang ia bawa.

Hasani dan Hamdan pun melaporkan hasil lawatan mereka bersama segenap pengurus teras PSSI. Dari banyak pemain yang dihampiri, Sandy Walsh dan Jordi Amat menjadi yang paling antusias.

“Proses naturalisasi dua pemain, yakni Sandy Walsh (Belgia) dan Jordi Amat Maas (Spanyol/Belanda) makin menunjukkan titik cerah.”

“Keduanya sudah menandatangani dokumen yang diperlukan untuk mengurus administrasi di Kementerian Hukum dan HAM,” tulis PSSI dalam keterangan resminya.

Menariknya saat pertemuan Hasani Abdulgani dengan nenek Jordi Amat, usai tau bahwa Jordi akan dinaturalisasi Indonesia sang nenek menangis.

“Neneknya Jordi ini sampai menangis. Jadi memang cara orang timur untuk kulonuwun (permisi) kepada keluarga sangat tepat.”

Baca Juga:   Update Daftar Pemain Abroad yang Dipanggil STY untuk FIFA Matchday, Kemana Marselino Ferdinan dan Sandy Walsh?

Usaha PSSI untuk mendekati keluarga sang pemain berbukti berhasil, Sandy  Walsh dan Jordi Amat sudah menandatangani dokumen yang dibutuhkan.

“Mereka berterima kasih kepada kami (PSSI) karena sudah datang (ke Belgia dan Belanda) menemui keluarga Jordi dan Sandy,” kata Hasani dalam laporannya ke PSSI.

Sementara Hamdan menambahkan, ia menemukan banyak pemain keturunan Indonesia yang bermain di Liga Belanda, Belgia, dan beberapa di klub Inggris.

Rata-rata mereka berusia masih muda (18-20 tahun) dan menjadi starter di tempat mereka bermain.

Baca Juga:   Berkah Naturalisasi Jordi Amat, Klub Besar Spanyol Mulai Lirik Indonesia

“Tentu ini bisa menjadi bahan diskusi antara PSSI, Direktur Teknik, dan Shin Tae-yong. Data soal pemain ini akan saya berikan ke PSSI. Selanjutnya terserah PSSI,” ujar Hamdan.

Usai mendapat laporan dari Hasani dan Hamdan, kini Mochamad Iriawan selaku Ketum PSSI meminta Sekjennya tindak lanjuti proses naturalisasi ini.

“Tentu setelah ini, kita akan minta waktu kepada Menpora untuk melaporkan progres ini. Setelah ada arahan dari Menpora, PSSI akan melangkah ke proses selanjutnya,” imbuh Yunus Nusi.

(Editor/Yusril Fahmi)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan