Media Vietnam, Soha.vn, kembali memberikan komentar miring tentang pesepakbolaan di Indonesia. Surat kabar tersebut memang sering melakukan provokasi terhadap Indonesia.

Kali ini mereka secara gamblang menyinggung prestasi Timnas Indonesia dan PSSI.

Sebelumnya, mereka juga menyoroti nasib witan Sulaiman dan Egy Maulana Vikri yang kontraknya tidak diperpanjang Lechia Gdansk.

Mereka membanding-bandingkan prestasi Timnas Indonesia dengan capaian Vietnam dan Thailand. Media tersebut mengatakan, percuma mempunyai banyak suporter, tapi minim prestasi.

Apa yang disampaikan media tersebut memang sesuai dengan kenyataan. Meskipun, tentu pernyataan tersebut sangat melukai perasaan pecinta sepak bola tanah air.

Baca Juga:   Harus Manfaatkan Ststus Tuan Rumah Piala AFF U-16, Timnas Indonesia U-16 Wajib Menekan Lawan

Dalam beberapa tahun terakhir, Federasi Sepakbola Asia Tenggara (AFF) memberi kepercayaan kepada Indonesia untuk menjadi tuan rumah turnamen.

Tahun ini saja, Indonesia dipercaya menjadi tuan rumah tiga event kelompok umur garapan AFF.

Yakni, Piala AFF U-19, Piala AFF U-16 dan Piala AFF U-18 Wanita 2022. Alasan AFF menunjuk Indonesia tentu karena antusiasme besar yang dimiliki pencinta sepakbola Tanah Air.

Setiap event sepak bola yang diselenggarakan Indonesia akan selalu mendapatkan perhatian dari para pecinta sepak bola tanah air.

Salah satu buktinya, saat Timnas Indonesia U-19 menghadapi Timnas Myanmar U-19 di matchday pamungkas Grup A Piala AFF U-19 2022 yang dilangsungkan di Stadion Patriot Candrabhaga, Minggu 10 Juli 2022 malam WIB.

Baca Juga:   Elkan Baggott Dipuji Bek Senior Ipswich Town: Dia Berkembang Bersama Timnas Indonesia

Saat itu, sebanyak 18.000 penonton memadati Stadion Patriot. Bahkan, jumlah tersebut sangat mungkin bertambah jika tidak ada pembatasan penonton di stadion.

“Indonesia memang sering menjadi tuan rumah, namun prestasi mereka sangatlah buruk. Timnas Indonesia U-16 baru sekali juara Piala AFF U-16, sedangkan Timnas Thailand U-16 sudah tiga kali,” tulis Soha.

Lebih jauh, mereka juga menyoroti prestasi Timnas U-19 Indonesia.

“Di Piala AFF U-19, Timnas Indonesia U-19 sudah sembilan kali menjadi tuan rumah. Namun, hanya sekali menjadi juara,” lanjut Soha.

Baca Juga:   Satu Grup di Kualifikasi Piala Asia U-17, Media Malaysia Sebut Indonesia Takut

“Secara suporter Indonesia memang lebih unggul ketimbang Vietnam dan Thailand saat menjadi tuan rumah Piala AFF kelompok umur,” imbuhnya.

Kemudian, Soha menegaskan bahwa prestasi merupakan hal yang terpenting menjadi prioritas dalam event olahraga.

“Namun, yang paling penting adalah prestasi. Indonesia jauh tertinggal dari Vietnam dan Thailand,” tegas Soha.

Sekarang, Timnas Indonesia U-16 tergabung di Grup A bersama Vietnam, Filipina dan Singapura dalam gelaran Piala AFF U-16 2022 yang dilangsungkan di Yogyakarta pada 31 Juli hingga 12 Agustus 2022.

Semoga saja, Timnas Indonesia U-16 mampu membungkam Soha dengan prestasi mentereng.

(Editor/Fathur Rozi)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan