Tim Indonesia semakin meninggalkan Malaysia dalam perebutan klasemen teratas medali Sea Games 2021, meski hanya terpaut satu klasemen namun secara jumlah medali emas jaraknya jauh.

Dikutip dari website resmi Sea Games 2021 pada hari Kamis (19/5) Pagi WIB, kontingen Indonesia kini berada di urutan kelima, sempat menempati urutan keempat namun kembali turun.

Singapura berhasil menggeser Tim Indonesia di posisi keempat, dengan tiga puluh tujuh medali emas negara maju tersebut berhak menempati urutan keempat.

Sedangkan Indonesia mengoleksi tiga puluh enam medali emas, hanya terpaut satu dari Singapura dan terpaut dua dari Filipina yang mengoleksi tiga puluh delapan.

Sejauh ini Indonesia mengoleksi tiga puluh enam medali emas, empat puluh sembilan perak dan perunggu, dengan total seratus tiga puluh empat medali.

Sebelumnya, Indonesia hanya mengoleksi dua puluh tujuh medali emas, namun kembali bertambah di hari kemarin yang diperoleh dari lima cabang yang dipertarungkan.

Sembilan medali emas itu datang dari cabang olahraga (cabor) panahan (4 medali emas), karate (2) menembak (1), canoe/kayak (1), dan Taekwondo (1).

Panahan memanen emas dari kategori Recurve di nomor Men’s Team, Mixed Team, Women’s Individual, dan Men’s Individual.

Khusus di nomor Men’s Individual, final dikuasai oleh dua atlet panahah Indonesia, yakni Riau Ega Agatha Salsabilla dan Arif Pangestu Dwi.

Arif akhirnya menjadi pemenang dan berhak atas medali emas, sedangkan Riau Ega harus puas denga medali perak.

Sementara itu, cabor taekwondo mulai membuka keran medali emas di SEA Games 2022. Medali emas pertama tercatat atas nama Muhammad Bassam Raihan.

Muhammad Bassam Raihan raih medali emas di nomor Kyorugi For Male Under 87 kilogram, di laga final ia berhasil mengalahkan wakil tuan rumah Vietnam, Quang Tien Ngo dengan skor 14-3.

Vietnam selaku tuan rumah sudah mendapatkan seratus dua puluh enam medali emas, terpaut sangat jauh dari kontingen lainnya yang masih dibawah enam puluh.

Thailand koleksi lima puluh tiga medali emas, Filipina tiga puluh delapan, Singapura tiga puluh tujuh, Indonesia tiga puluh enam dan Malaysia dua puluh tujuh.

(Editor/Yusril Fahmi)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan