Berakhir Sudah, Berikut Klasemen Akhir Medali Sea Games 2021

Source: instagram.com/timindonesiaofficial

Sea Games 2021 sudah berakhir, kontingen Indonesia raih posisi ketiga di klasemen medali kompetisi tersebut, ada rekor yang tercipta dan sejarah yang diukir oleh Indonesia di gelaran kali ini.

Kontingen Indonesia meraih enam puluh sembilan medali emas, sembilan puluh dua perak dan delapan puluh perunggu dengan total mencapai dua ratus empat puluh satu medali.

Perolehan itu membuat Indonesia berada di urutan ketiga di klasemen akhir medali Sea Games 2021 yang diselenggarakan oleh Vietnam, sang tuan rumah sendiri sukses besar dalam ajang ini.

Selain kalah dengan Vietnam, Indonesia juga tertinggal dari Thailand yang berada di urutan kedua klasemen medali Sea Games 2021.

Vietnam berhasil memuncaki klasemen akhir medali Sea Games 2021 dengan mengoleksi dua ratus lima emas, seratus dua puluh lima perak dan seratus enam belas perunggu, total 446 medali.

Sedangkan Thailand yang berada di urutan kedua meraih sembilan puluh dua emas, seratus tiga perak dan seratus tiga puluh enam perunggu dengan total tiga ratus tiga puluh satu medali.

Baca Juga:   Indonesia Tinggalkan Jauh Malaysia, Berikut Klasemen Medali Sea Games 2021

Hari terakhir Sea Games 2021 Indonesia menambah 10 emas yang diperoleh dari cabang olahraga menembak, angkat besi, bulu tangkis, voli indoor, bola basket, tinju, renang, hingga Esport.

Bahkan cabang olahraga basket berhasi mengukir sejarah dengan meraih emas pertama sejak ikuti Sea Games padaa 1977, mereka kalahkan sang juara bertahan Filipina.

Hasil ini pun membuat timnas basket Indonesia memutus dominasi Filipina selaku peraih 13 medali emas SEA Games secara beruntun sejak 1991.

Pada cabor lainnya, timnas voli putra juga menuai kesuksesan setelah mempertahankan emas.

Baca Juga:   Pantas Shin Tae-yong Panggil Pemain Abroad, Kabar Buruk Didapatkan Indonesia di Sea Games 2021

Adapun medali emas terbaru yang didapat Indonesia juga dipersembahkan cabor Esport melalui tim PUBG Mobile.

Bagi kontingen Indonesia, pencapaian peringkat ketiga di SEA Games 2021 setidaknya berhasil memenuhi target minimal yang diberikan Presiden Joko Widodo.

Sementara itu, tak ada lagi cabor yang dipertandingkan di SEA Games 2021 karena rangkaian laga telah dirampungkan pada hari Minggu.

Selanjutnya, SEA Games 2021 akan ditutup dengan closing ceremony pada Senin (23/5/2022) malam WIB, berikut klasemen akhirnya.

(Editor/Yusril Fahmi)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan