Sandy Walsh menjadi salah satu pemain keturunan yang akan segera di naturalisasi oleh Timnas Indonesia sebelum lakoni Kualifikasi Piala Asia 2023.

Bahkan ia sangat yakin bahwa dirinya akan segera di naturalisasi dan membela Timnas Indonesia dalam kompetisi akbar tersebut.

”Sekarang, [proses naturalisasi] sudah 90-95 persen menuju selesai. Pada bulan April [2022], saya berharap akan resmi [jadi WNI],” ucap Sandy Walsh.

”Ada tiga pertandingan yang menentukan di Piala Asia 2023. Ini adalah fase kualifikasi terakhir dan Indonesia terakhir berpartisipasi pada 2007, jadi ada banyak yang dipertaruhkan,” pungkasnya.

Baca Juga:   Tak Cuma Rumor Belaka! Inilah Tanggapan Pelatih Lazio Soal Pratama Arhan

Usut punya usut, ternyata Sandy Walsh sempat mendapatkan tawaran dari Irlandia untuk membela Tim Nasionalnya, negara Eropa tersebut nampaknya tertarik dengan permainan Sandy Walsh.

Namun tawaran tersebut ditolak oleh Sandy Walsh, menurut Hasan Abdulgani ia memilih dan ingin membela Timnas Indonesia karena kakeknya yang dekat dengannya.

Sandy Walsh sendiri sudah muncul keinginan membela Timnas Indonesia sejak lama, dan semakin yakin ketika Shin Tae-yong menyampaikan kepercayannya kepada sang pemain.

“Sandy itu neneknya lahir di Purworejo, sedangkan kakeknya orang Surabaya. Kakek neneknya pindah ke Belanda dan jadi Warga Negara Belanda. Ayahnya Sandy Walsh orang Irlandia,” ujar Hasani Abdulgani dilansir dari laman Youtube GAN Channel pada Kamis (24/2/2022).

Baca Juga:   Catatkan Raport Cantik, Witan Sulaeman Tampil Gacor di AS Trencin

“Yang menarik, Irlandia menawarkan warga negara kepada Sandy Walsh, dia tidak mau. Dia pilih Indonesia,” sambungnya kemudian.

“Ternyata dia lebih dekat dengan kakeknya. Sandy Walsh ini (memilih Indonesia) karena kecintaan dia kepada kakeknya. Dia ingin membela negara kakeknya sambil memperlihatkan kepada saudaranya ‘Saya sekarang bermain untuk Negara Indonesia’,” tutupnya.

”Sekarang, ada pelatih timnas, Shin Tae-yong, yang sangat percaya dengan saya. Dalam setiap pertemuan dengan pimpinan federasi, dia coba memanggil saya. Mereka tahu bahwa saya sangat termotivasi,” kata Walsh.

Sebuah kebanggaan bagi Timnas Indonesia untuk bisa mendapatkan kepercayaan dari Sandy Walsh, selain itu sang pemain juga akan menjadi pemain andalan Timnas Indonesia kedepannya.

Mengingat, di KV Mechelen saja Sandy Walsh sudah menjadi andalan tim padahal klub tersebut adalah salah satu klub terbaik di liga utama Belgia, saat ini tim tersebut berada di urutan keenam.

(Editor/Gamin Min)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan