Timnas Indonesia Dapatkan Dampak Buruk Atas Perseteruan Rusia dan FIFA, Netizen Ambil Tindakan

Source: Pikiran Rakyat
Source: Pikiran Rakyat

FIFA dan UEFA resmi memberi sanksi kepada Rusia yang sedang invasi Ukraina, hal ini ditulis langsung melalui laman resmi federasi tersebut.

Baju Timnas Original

“FIFA dan UEFA hari ini telah memutuskan bersama-sama bahwa semua tim Rusia termasuk tim nasional atau klub, tidak boleh berpartisipasi dalam kompetisi FIFA dan UEFA sampai waktu yang akan ditentukan kemudian,” demikian pernyataan tersebut.

“Sepak bola bersatu dan memberikan dukungan penuh kepada masyarakat yang terdampak di Ukraina,” lanjutan dari pernyataan kedua lembaga sepak bola tersebut.

Baca Juga:   Pernah Main di Liga Champions, Pemain Ini Bersedia Bermain Untuk Timnas Indonesia

“Presiden FIFA dan UEFA berharap ada perubahan signifikan dan cepat dari situasi yang terjadi di Ukraina sehingga sepak bola dapat berperan lagi menjadi bagian dalam pemersatu di antara masyarakat.” tutupnya.

Menanggapi hal tersebut, media Rusia bernama Gol.ru memberitakan bahwa timnasnya bisa saja pindah ke konfederasi ke AFC demi tetap berpartisipasi di sepak bola.

Seperti diketahui efek dari konflik Rusia dan Ukraina, berimbas pada disanksinya negeri yang dipimpin Vladimir Putin itu di cabang olahraga sepak bola.

Baca Juga:   Ronaldo Kwateh Dipuji Wartawan Prancis, Dzenan Radoncic: Dia Bukan Pemain Bintang!

Yang terdekat, sanksi ini akan berimbas kepada Rusia yang tidak diizinkan tampil di Piala Dunia 2022 Qatar dan wanita Rusia tidak boleh tampil di ajang Piala Eropa 2022 di Inggris.

Tidak hanya itu, klub Rusia bernama Spartak Moscow yang mentas di kompetisi UEFA, mesti didepak dari babak 16 besar Liga Europa 2021-2022.

Baca Juga:   Akuisisi Saham Klub Serie A Italia, Raffi Ahmad Dimohon Ajak Pemain Indonesia

Sejauh ini, Rusia melayangkan banding terhadap larangan dari FIFA dan UEFA tersebut ke Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS).

Namun hingga kini banding tersebut belum menemukan titik terang, sehingga media Rusia memiliki pandangan timnas mereka sebaiknya pindah federasi.

Seperti yang diberitakan oleh media Rusia bernama Gol.ru, bahwasannya Timnas Rusia bisa bergabung dengan AFC apabila sanksi yang diterima Rusia bertahun-tahun lamanya.