Pemain andalan Persib Bandung, Marc klok bisa membela Timnas Indonesia mulai April 2022, pemain naturalisasi tersebut bahkan sudah didaftarkan PSSI untuk masuk dalam skuad Garuda di Sea Games 2022.

Meski dirinya sudah cukup lama dinaturalisasi, namun sang pemain baru bisa membela Timnas Indonesia pada tahun ini karena tidak ada bukti bahwa ia adalah pemain keturunan Indonesia.

Menjadi Warga Negara Indonesia sejak November 2020 dan baru bisa membela Timnas Indonesia pada April 2022, Marc Klok selalu antusias untuk menunggu panggilan membela Timnas Indonesia.

Sebelum resmi dimasukkan dalam skuad Garuda untuk Sea Games 2022, Marc Klok memang pernah berbincang serius dengan Shin Tae-yong dan jajarannya.

Penting untuk diketahui, Sea Games 2022 bisa saja disebut dengan Sea Games 2021 karena memang adanya penundaan akibat covid.

Diikuti oleh berbagai negara di Asia Tenggara membuat kompetisi tersebut dinanti-nantikan.

Meski bertajuk U-22, setiap tim tetap bisa mendaftarkan pemain senior dengan jumlah yang terbatas. Masih sama seperti 2019, setiap tim diberikan kebebasan untuk mendaftarkan dua pemain senior (di atas 22 tahun).

“Kami sudah mendaftarkan Marc Klok ke SEA Games 2021 untuk kuota pemain senior. Kami sudah yakin Marc Klok bisa bermain karena dia sudah sesuai aturan selama lima tahun tinggal di Indonesia,” kata Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri, kepada wartawan.

Baca Juga:   Kapten Persib: Mental Pemain Bagus Mampu Balikkan Keadaan

“Jumlah pemain senior di SEA Games 2021 boleh dimainkan dua. Namun, yang didaftarkan lebih dari itu. Artinya yang boleh bermain dua, seperti edisi sebelumnya,” ujarnya menambahkan.

Penyebab Marc Klok baru bisa membela Timnas Indonesia pada April 2022 meski dirinya sudah dinaturalisasi pada taahun 2020 karena ia tak memenuhi syarat naturalisasi dari FIFA.

Secara aturan FIFA, perpindahan asosiasi seorang pemain diatur dalam Artikel 7 FIFA tahun 2020. Seorang pemain yang pindah status kewarganegaraan bisa membela negara barunya jika persyaratannya terpenuhi.

Beberapa syaratnya adalah; sang pemain lahir di negara asosiasi baru, ibu atau ayah biologisnya lahir negara asosiasi baru, nenek atau kakeknya lahir di negara asosiasi baru yang ingin diperkuatnya.

Baca Juga:   Jelang Sea Games 2021, Latar Belakang Marc Klok Jadi Sorotan Media Vietnam

Atau sang pemain sudah tinggal di negara asosiasi baru selama tiga tahun sejak usia 10 tahun. Tinggal lima tahun di usia antara 10-18 tahun di negara asosiasi baru. Dan terakhir tinggal lima tahun sejak usia 17 tahun di negara asosiasi yang dituju.

Marc Klok tinggal dan bekerja di Indonesia sejak 2017 saat itu sang pemain membela PSM Makassar, terhitung sudah 5 tahun pada bulan April membuat ia sudah bisa membela Timnas Indonesia.

Editor/Gamin Min)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan