Tiga pemain keturunan yang kabarnya akan segera dinaturalisasi, Jordi Amat, Shayne Pattynama dan Sandy Walsh terancam tak bisa ikuti turnamen Kualifikasi Piala Asia.

Dokumen yang belum lengkap menjadi penghalang ketiga pemain tersebut untuk bisa segera dinaturalisasi, sedangkan Kualifikasi Piala Asia akan berjalan di bulan Juni.

PSSI hingga memohon kepada pemerintah agar membantu proses naturalisasi ini, namun hingga kini pemerintah tak memberi tanggapan soal 3 pemain yang belum juga dinaturalisasi ini.

“Dari 12 dokumen, masih ada terganjal satu dokumen. Jadi kalau tidak ada kebijaksanaan, [mereka bertiga] bisa gagal main di Pra-Piala Asia,” ucap Hasani saat dihubungi kumparan, Senin (21/3).

“Ada satu dokumen yang belum kami penuhi dari tiga pemain ini yakni terkait pemberitahuan pencabutan negara.”

“Kalau tidak ada kebijaksanaan dari pemerintah, tiga-tiganya tidak bisa main di Pra-Piala Asia,” tambahnya.

Sebelum masalah ini, Kemenkumham mengumumkan bahwa dokumen dari 3 pemain naturalisasi sudah diterimanya dari PSSI, namun ternyata ada dokumen yang belum lengkap.

Dengan begitu mau tidak mau proses naturalisasi akan diundur hingga dokumen lengkap kecuali Menpora dan bapak Presiden Joko Widodo mau membantu permasalahan ini.

Jelas para suporter ingin Sandy Walsh, Jordi Amat dan Shayne Pattynama bisa segera masuk dalam skuad Garuda untuk persiapan Kualifikasi Piala Asia.

Baca Juga:   Tak Diperpanjang KAS Eupen, Jordi Amat Disebut Gabung JDT Oleh Jurnalis Malaysia

Mengingat lawan yang dihadapinya bukanlah lawan sembarangan, Timnas Indonesia berada di grup A melawan Nepa, Kuwait dan Yordania.

Juara dan runner up grup terbaik akan lolos ke Piala Asia, Shin Tae-yong sendiri mengincar runner up karena sadar skuadnya memang sulit bersaing dengan Yordania dan negara lain di Grup A.

“Untuk Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Asia, skuadnya 80 persen berasal dari SEA Games 2021. Saya menyiapkan itu,” tutur pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

“Di Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Asia, target kami lolos ke Piala Asia meski misalnya menjadi runner-up grup,” papar Shin Tae-yong.

Baca Juga:   Striker Timnas Indonesia Digoda untuk Gabung Klub Jordi Amat, Alasannya Cuma Gara-gara Hal Sepele ini

Jordi Amat mengumumkan bahwa ia sudah mengirim dokumen beberapa waktu lalu, kini sang pemain berharap proses naturalisasi segera selesai.

“Ya, saya sudah mengirimkan dokumen itu beberapa waktu lalu. Saya selalu siap dan selalu berpikir positif,” kata Amat.

“Saya selalu menunggu itu dan saya berharap [proses naturalisasi] bisa cepat selesai,” harap eks pemain Espanyol, Rayo Vallecano, dan Swansea City itu.

Pernyataan tersebut membuat netizen heboh melihat betapa cintanya Jordi Amat kepada Timnas Indonesia, sang pemain tak sabar ingin masuk skuad Garuda.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan