Timnas Indonesia kini sedang gencar dalam mencari para pemain keturunan Indonesia yang bermain apik di luar negeri, beberapa pemain sudah dihubungi sejauh ini hanya ada dua pemain yang sudah siap untuk dinatulisasi.

Kedua pemain tersebut adalah Sandy Walsh dan Jordi Amat, bermain apik di Eropa dan posisinya memang sangat dibutuhkan Timnas Indonesia membuat Shin Tae-yong gembira melihat hasil dari usaha pencariannya.

Bahkan Sandy Walsh mengakui peran penting dari Shin Tae-yong yang membuat dirinya mau membela Timnas Indonesia.

”Sekarang, ada pelatih timnas, Shin Tae-yong, yang sangat percaya dengan saya. Dalam setiap pertemuan dengan pimpinan federasi, dia coba memanggil saya. Mereka tahu bahwa saya sangat termotivasi,” kata Walsh.

Tiba-tiba media Malaysia bernama Makan Bola memberitakan aksi Shin Tae-yong ini dalam judul ‘Shin Tae-yong Risau, Kini Buru Pemain Warisan Dari Eropa’, Jumat (18/2/2022).

Menurut media tersebut, naturalisasi digencarkan karena Shin Tae-yong khawatir, dengan kekhawatiran tersebut akhirnya pelatih berusia 51 tahun itu menjadi para pemain keturunan yang bermain di Eropa jika ada.

“Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Hasani Abdulgani menyatakan bahwa pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong mulai khawatir dan menyarankannya untuk mencari pemain keturunan Eropa jika ada,” tulis Makan Bola.

Pembahasan mengenai skuad yang ada memang tidak bisa dibantah karena hal itu memang nyata, beberapa pemain Timnas Indonesia hingga kini belum bisa menampilkan permainan apiknya.

Sebut saja seperti Edo Febriansyah, diandalkan untuk menjadi pelapis Pratama Arhan, sang pemain nyatanya belum bisa memberikan dampak baik yang besar untuk permainan Timnas Indonesia.

Begitu juga di posisi striker, hingga kini belum ada striker yang bisa on fire dibawah asuhan dari Shin Tae-yong, beberapa alasan tersebut yang membuat suporter Indonesia mendukung naturalisasi yang diinginkan coach Shin.

Baca Juga:   Diwawancarai Media Korea Selatan, STY Ceritakan Ketakutan Pemain Indonesia Lawan Tim Timur Tengah

Ketimpangan antara pemain inti dan pemain cadangan, posisi striker yang hingga kini belum menemukan siapa yang cocok diandalkan menjadi pekerjaan rumah yang besar bagi Timnas Indonesia dan Shin Tae-yong.

Ditambah lagi Kualifikasi Piala Asia 2023 yang semakin dekat, maka sangat wajar Shin Tae-yong memilih jalan pintas untuk naturalisasi para pemain keturunan yang terbukti mempunyai permainan apik.

(Editor/Gamin Min)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan