Semifinal cabang olahraga sepakbola Sea Games 2021 yang mempertemukan Indonesia melawan Thailand sudah dinantikan oleh banyak suporter, kedua tim sama-sama pernah alami kekalahan.

Timnas Thailand kalah melawan Malaysia di Grup B, sedangkan Indonesia dipermalukan Vietnam dengan skor telak 3-0 di Grup A, kedua tim juga sama-sama meraih delapan poin.

Pertemuan terakhir Timnas Indonesia melawan Thailand terjadi di Piala AFF 2020, saat itu skuad Garuda kalah agregat dan harus puas dengan runner-up.

Untuk di Sea Games, pertemuan terakhir Indonesia melawan Thailand terjadi di 2019, saat itu skuad Garuda Muda berhasil mengalahkan Thailand dengan skor 2-0.

Amati lawan, Shin Tae-yong sempatkan waktu untuk menonton pertandingan Thailand melawan Laos di laga terakhir grup B, tentu coach Shin bertujuan ingin mengetahui permainan lawan.

Pelatih Thailand, Alexandre Mano Polking katakan usaha Shin Tae-yong untuk menonton pertandingan Thailand saat melawan Laos tidak akan terlalu efektif untuk bisa mengalahkan skuadnya.

Meski begitu, ia menyebutkan bahwa hal lumrah untuk tim lawan memata-matainya.

“Memata-matai lawan itu hal biasa dan diperlukan.”

“Langkah Indonesia memata-matai Thailand hari ini [kemarin] tidak terlalu efektif karena setiap pertandingan kami menggunakan susunan pemain yang berbeda,” ujar Polking. (CNN Indonesia)

Baca Juga:   Shin Tae-yong Tegaskan Perkembangan Sepak Bola Indonesia Tergantung Kemauan PSSI

Di laga terakhir, Thailand memnag tidak menurunkan skuat terbaiknya. Beberapa pemain kunci seperti Weerathep Pomphan, Worachit Kanitsribampen, dan Airfan Dolo.

Itulah sebabnya mengapa Thailand kesulitan menang melawan Laos. Di sisi lain, Polking juga mengungkapkan permainan anak asuhannya tidak berkembang karena kondisi lapangan buruk.

Tak hanya sekedar meraih kemenangan, Mano Polking ingin skuadnya tak kebobolan saat melawan Timnas Indonesia nantinya.

“Rencana kami adalah memenangkan laga semi-final tanpa kebobolan. Kami juga harus mempersiapkan segala kemungkinan.” Ujar Polking (Goal Indonesia)

Baca Juga:   Israel Kemungkinan Besar Tampil di Piala Dunia U-20 2023, PSSI Turut Beri Komentar

Shin Tae-yong sendiri optimis untuk segera bertemu dengan Thailand dan mengalahkannya.

“Saya sudah punya pengalaman di Piala AFF dan ini pertama kali di SEA Games. Thailand, Vietnam, dan Indonesia selalu jadi saingan,” kata Shin Tae-yong.

“Kami memang kalah oleh Thailand di Final Piala AFF 2020, tetapi situasi kali ini berbeda.”

“Ini turnamen untuk tim U-23 dan kami sudah melakukan persiapan yang cukup baik untuk melawan Thailand,” tambahnya.

(Editor/Yusril Fahmi)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan