Pelatih AS Roma, Jose Mourinho memberikan nasehat tegas kepada tim nasional Indonesia. Dia menghimbau agar pemain Indonesia tampil bergairah meski tak miliki keahlian khusus.

“Andai (pemain) Indonesia tak memiliki potensi yang spesial, bermain lah dengan penuh semangat dan kebanggaan,” kata Jose Mourinho kelar laga Chelsea vs Indonesia All Stars pada Kamis, 25 Juli 2013.

Dalam pertandingan itu, Chelsea bermain melawan All-Stars Indonesia, bukan tim nasional Indonesia. Namun, mayoritas staf All-Stars Indonesia saat itu adalah pemain timnas Indonesia.

Sebut saja seperti Kurnia Meiga, Greg Nwokolo, Andik Vermansah, Ahmad Bustomi, M Roby dan lain-lain.

Chelsea tampaknya mendominasi pertandingan ini. Jelas, Eden Hazard dan kawan-kawan menang dengan hasil luar biasa, 8-1.

Jose Mourinho dalam pertandingan itu melihat tidak ada yang istimewa dari permainan Indonesia All-Star.

Pada saat yang sama, Indonesia All-Star sayangnya tidak menunjukkan semangat juang.

Mental dan semangat juang timnas Indonesia inilah yang menarik perhatian pelatih tim Garuda saat ini, Shin Tae-yong.

Dia perlahan mengubah cara berpikir para pemain tim nasional Indonesia. Shin Tae-yong marah ketika melihat anak asuhnya mengerutkan kening saat tiba di Kuwait sebelum lolos ke Piala Asia 2023.

Baca Juga:   Masih Belum Move On dari Kekalahan SEA Games, Media Vietnam Rendahkan Timnas Indonesia Sebut sebagai Tim Lemah Asia Jelang Hadapi Argentina

Dimas Drajad dan kawan-kawan ada di satu grup dengan Yordania, Kuwait, dan Nepal, saat itu tidak banyak yang yakin timnas Indonesia bisa lolos dan berlaga di Piala Asia 2023.

“Kalian harus pikir baik-baik. Kita sudah jauh-jauh ke sini naik pesawat. Capek terbang, tetapi murung terus seperti ini,” semprot Shin Tae-yong mengutip dari YouTube PSSI.

“Memangnya kita tak boleh peringkat satu di grup (kualifikasi)? Kalau kita peringkat satu, kita bisa pulang ke Indonesia dengan senyum bahagia,” lanjut Shin Tae-yong.

“Bagaimana kalau kita gugur? Pasti akan menunduk dan lebih capek. Kalau kita pulang dalam kondisi seperti itu, pasti capek hati juga,” ujar Shin Tae-yong.

Ternyata, sentilan dari Shin Tae-yong berefek positif. Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia 2023 setelah menang 2-1 atas Kuwait, kalah 0-1 dari Yordania dan menang 7-0 atas Nepal.

(Editor/Yusril Fahmi)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan