Asnawi Mangkualam resmi bergabung dengan skuad Timnas Indonesia U-23 yang menjalani pemusatan latihan di Korea Selatan, hal itu dikonfirmasi langsung oleh PSSI melalui Instagramnya.

Sang pemain akan diturunkan oleh Shin Tae-yong dalam laga Timnas Indonesia U-23 melawan Daejon Hana Citizen, sebelumnya Asnawi sudah melawan tim tersebut saat membela klubnya.

Asnawi Mangkualam yang alami masa sulit bersama Ansan Greeners merasa sangat senang untuk bergabung dengan Timnas Indonesia, meski ia akan kembali lagi ke klubnya sebelum ke Vietnam.

“Intinya sangat senang bergabung di sini, walaupun gabung di uji coba terakhir melawan Daejeon,”

“setelah itu saya akan kembali ke Ansan Greeners, setelah itu baru pada 3 (Mei) bergabung di Vietnam untuk SEA Games,” kata Asnawi, dilansir laman resmi PSSI, Selasa (26/4/2022).

Baca Juga:   Pantas STY Kekeh Ajak ke Sea Games, Berikut Video Permainan Apik Asnawi Lawan Gyeongnam

Meski diperbolehkan untuk ikuti uji coba bersama Timnas Indonesia U-23, namun sang pemain belum mendapatkan jawaban pasti apakah diperbolehkan ikuti Sea Games 2021.

“Besok uji coba saya main, sambil menunggu informasi (dari Ansan) bisa atau tidak gabung (ke Timnas) tanggal 3 (Mei), jadi saya berikan yang terbaik untuk Indonesia,” tambahnya.

“Mendapatkan hasil terbaik, tentu saja kemenangan, agar pemain percaya diri saat mengahdapi Vietnam nanti di laga pembuka SEA Games,”

“dan tentunya agar semua pemain dalam motivasi bagus setelah menjalani TC yang cukup lama di sini,” tuturnya.

Baca Juga:   Blak-blakan ke Media Korsel, Asnawi Bertekad Bawa Timnas Indonesia ke Piala Asia

“Harapannya dapat medali emas, ini SEA Games ketiga saya, pertama saya dapat perunggu (Malaysia 2017) lalu perak tahun 2019 kemarin (Filipina), dan semoga kali ini emas,” pungkasnya.

Yunus Nusi selaku perwakilan dari PSSI menyampaikan bahwa Asnawi Mangkualam bisa pulang dan membela Timnas Indonesia.

“Asnawi bisa [pulang ke Indonesia dan membela Timnas U-23],” kata Yunus saat dihubungi CNNIndonesia.com melalui pesan singkat, Selasa (26/4).

Meski Cho Min-kook selaku pelatih Ansan Greeners merasa peran Asnawi Mangkualam masih sangat dibutuhkan, namun ia juga memikirkan nasib dari Shin Tae-yong.

Baca Juga:   Respect! Alejandro Garnancho 'Follow' Asnawi Mangkualam usai Duel Timnas Indonesia vs Argentina

“Jika saya membiarkan [Asnawi] pergi, saya takut kekuatan tim hilang. Tapi jika saya tidak mengizinkannya pergi, saya mengkhawatirkan Shin Tae Yong,” kata Cho Min-kook dikutip dari Chosun.

Shin Tae-yong sendiri memuji permainan apik dari Asnawi Mangkualam usai menonton anak asuhnya itu secara langsung di laga Ansan Greeners melawan Daejon Citizen.

“Timnas [Indonesia] punya pemain yang berkarier di Eropa untuk dijadikan flank, sehingga Asnawi bisa dipasang sebagai bek.”

“Di Asia Tenggara, dia punya kualitas tinggi. Jika ada lima pemain seperti Asnawi, kami bisa menang,” ujar Shin Tae Yong.

(Editor/Yusril Fahmi)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan