Ini rencana gila Shin Tae-yong yang ingin membawa Timnas Indonesia selevel dengan Timnas Jepang. Hal itu terlihat dari bagaimana Shin Tae-yong mempersiapkan skuadnya di bulan September 2023.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia memiliki jadwal padat pada September 2023, mulai dari laga FIFA Matchday hingga kualifikasi Piala Asia U-23 2024. Untuk menghadapi serangkaian agenda tersebut, Shin Tae-yong melakukan sedikit perombakan pada skuad Timnas Indonesia Senior.

Beberapa pemain muda yang rutin dimainkannya, akan digeser untuk memperkuat Timnas Indonesia U-23 di Kualifikasi Piala Asia U-23 2024. Kemudian, Shin Tae-yong juga akan lebih fokus mempersiapkan Timnas Indonesia U23. Ia juga menunjuk asistennya, yakni Choi In-Cheol untuk memimpin latihan Timnas Indonesia Senior jelang menghadapi Turkmenistan di laga uji coba pada Jumat, 8 September 2023.

Mengapa cara di atas ditempuh Shin Tae-yong? Hal ini karena Shin Tae-yong berhasrat membawa Timnas Indonesia lolos putaran final Piala Asia di tiga kelompok umur berbeda.

Sebelumnya, pelatih asal Korea Selatan itu sukses mengantarkan Timnas Indonesia U-20 dan senior lolos putaran final ajang sepakbola tertinggi di Asia tersebut. Kini giliran Timnas Indonesia U-23 yang berkesempatan besar lolos ke Piala Asia U-23 2024.

Timnas Indonesia U-23 akan berperan sebagai tuan rumah di Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23 2024. Nantinya, Timnas Indonesia U-23 akan berhadapan dengan Taiwan U-23 pada 9 September 2023 dan Turkmenistan U-23 pada 12 September 2023.

Jika Timnas Indonesia U-23 menjadi juara grup atau masuk ke dalam empat runner-up terbaik, maka mereka akan lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2024 yang digelar di Qatar pada Mei 2024.

Andai hal ini benar-benar terwujud, maka Shin Tae-yong akan menjadi pelatih pertama Timnas Indonesia yang mengantarkan Timnas Indonesia U-23 ke putaran final Piala Asia U-23, sekaligus pelatih pertama yang membawa tiga kelompok usia Timnas Indonesia ke Piala Asia.

Baca Juga:   Terbukti Benar, Apa yang Dikatakan Shin Tae-yong Jelang Piala Dunia U-20 Kini Jadi Kenyataan

Usut punya usut, misi Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia U-23 bukanlah sebatas lolos putaran final Piala Asia U-23 2024 semata. Melansir laman resmi PSSI, eks pelatih Timnas Korea Selatan itu ditargetkan membuat Skuad Garuda berbuat banyak di Qatar.

Harapannya, Shin Tae-yong membawa Timnas Indonesia U-23 finis di peringkat tiga besar di Piala Asia U-23 2024. Dengan begitu, Timnas Indonesia U-23 akan ambil bagian di Olimpiade Paris 2024.

Finis di peringkat 3 besar adalah target yang sangat berat. Pasalnya, 3 besar di Asia sama saja Indonesia harus setara dengan tim-tim besar Benua Kuning seperti Jepang, Iran, dan Korea Selatan yang kini berada di tiga posisi teratas negara Asia di ranking FIFA.

Kendati demikian, ini bukanlah hal yang mustahil untuk dilakukan. Karena itu, pada ajang kualifikasi Piala Asia U-23 2024. Shin Tae-yong telah memanggil putra terbaik bangsa untuk memperkuat Garuda Muda.

Beberapa pemain muda yang rutin tampil di Timnas Indonesia Senior seperti Pratama Arhan, Rizky Ridho, hingga Marselino Ferdinan di geser ke Timnas U-23. Selain itu, nama-nama pemain naturalisasi seperti Elkan Baggot, Rafael Struick, dan Ivar Jenner juga digeser ke Timnas Indonesia U-23.

Dengan kedalaman skuad yang sangat mumpuni, ditambah dengan kejeniusan Shin Tae-yong sebagai pelatih kelas dunia, menarik untuk menyaksikan penampilan Timnas Indonesia U-23 di Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 yang berlangsung mulai Minggu ini.

Sumber: Okezone

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan