Seperti yang sudah banyak dibertakan sebelumnya, PSSI yang diwakili oleh Hasani Abdulgani menyatakan akan naturalisasi 3 pemain keturunan untuk Piala Dunia U-20.

“Kemungkinan 3 pemain keturunan Indonesia dengan usia rata-rata 18 tahun akan diambil untuk memperkuat Timnas Indonesia U-19,” kata Hasani Abdulgani dalam wawancara Youtube.

Menurut UU Republik Indonesia No.12 Tahun 2006 tentang Kewarganegaraan Republik Indonesia pasal 6, pemain keturunan bisa langsung menjadi WNI apabila usianya masih di bawah 19 tahun.

Tidak hanya usia 19 ke bawah, namun sang pemain juga harus belum pernah memperkuat Timnas lain di pertandingan resmi FIFA.

Namun Hasani Abdulgani belum memastikan siapa saja 3 pemain tersebut, namun beberapa nama sudah dikaitkan dengan Timnas Indonesia, berikut 3 pemain dan profilnya.

Yang pertama ada Kai Davy Boham, pemain tersebut kini memperkuat Almere City yang bermain di kasta kedua Liga Belanda.

Diberitakan akan memperkuat skuad Garuda, sang pemain me-retweet berita tersebut dengan emoticon dua tangan dan bendera Indonesia.

Kai Davy Boham bermain di posisi bek bersama Almere City U-21, sang pemain juga jebolan dari klub tersebut.

Nama kedua ada Jim Croque, pemain keturunan Indonesia ini lahir di Belanda pada tanggal 5 Juli 2004, namun sang pemain memiliki keturunan Jawa dari sang ayah bernama Raymond Croque.

Baca Juga:   Lakukan TC di Korea Selatan, Indra Sjafri Tak Jamin Indonesia Akan Ikuti Turnamen di Vietnam

Saat ini Jim Croque membela klub asal Belanda, Vitesse. Bermain sebagai penyerang dirinya sempat membuat ramai netizen Indonesia karena tatonya yang bertuliskan bahasa Indonesia.

“Aku Cinta Padamu”.

Jim Croque menjelaskan kalau tulisan itu adalah pesan terakhir dari sang nenek yang merupakan orang asli dari Indonesia.

“Kata-kata terakhir nenek,” tulis Jim pada Insta Story, Selasa (01/03/222) lalu.

Pemain terakhir ada Ivar Jenner, sang pemain bermain di Jong Utrecht bersama Bagus Kahfi. Bermain sebagai gelandang dirinya tampil sangat baik diusianya yang masih 19 tahun.

Baca Juga:   Cueki PSSI, Sudah 14 Hari AFF Masih Enggan Balas Surat Protes

Ivar Jenner diketahui memiliki darah Indonesia dari kakeknya yang merupakan orang asli Kediri, Jawa Timur. Ia sempat buka suara dan menyatakan ketertarikan untuk membela Timnas Indonesia.

“Saya mendapat darah Indonesia dari ayah saya. Lebih tepatnya adalah kakek saya yang lahir di Jawa,” ujar Ivar.

“Orang tua saya lahir di Belanda, nenek saya juga tinggal di Belanda. Tapi karena kakek saya lahir di Indonesia, saya ke depannya bisa memilih membela Timnas Indonesia,” tuturnya menambahkan.

(Editor/Gamin Min)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan