PSIS Semarang : Profil, Sejarah, Pemain dan Prestasi

Pemain PSIS Semarang (Foto: Kompas.com)

SeputarBola.ID – Membahas mengenai PSIS Semarang banyak sekali informasi yang harus kamu tahu. Mulai dari Profil, Sejarah, Pemain, Prestasi dan masih banyak lainnya. Sangat tepat jika kamu mencari detail dari PSIS Semarang pada halaman ini.

Profil Singkat PSIS Semarang

PSIS Semarang adalah sebuah klub sepak bola wilayahkota Semarang, provinsi Jawa Tengah. PSIS merupakan salah satu klub tradisional Liga Indonesia yang sudah berdiri sejak lama. Tim yang mendapatkan julukan Mahesa Jenar menjadi salah satu peserta Liga Indonesia musim ini. PSIS juga memiliki persaingan untuk bersaing pada papan tengah klasemen Liga 1.

  • Nama Klub : Persatuan Sepak Bola Indonesia Semarang
  • Nama Panggilan : Laskar Mahesa Jenar
  • Tahun pembuatan: 18 Mei 1932
  • Kota : Semarang, Jawa Tengah
  • Stadion: Stadion Jatidiri
  • Pelatih: Dragan Dukanovic (Montenegro)
  • Kapten: Wallace Costa (Brasil)
Baca Juga:   Mungkin Piala AFF Dimulai Berbarengan Dengan Liga 1, Endri Erawan: Kami Takut Kehilangan‚Ķ

Sejarah Singkat PSIS Semarang

Semarang City Club berjuluk Laskar Mahesa Jenar. Sedangkan markas besarnya berada pada Stadion Jatidiri kota Semarang. PSIS berdiri sejak tahun 1932 dan merupakan salah satu klub tertua di Indonesia. Kelompok pro-grassroots PSIS terkenal sebagai Panzer Biru dan Snex.

PSIS pernah juara satu kali pada era United pada tahun 1987. Sedangkan era profesional Liga Indonesia sejak tahun 1994, PSIS juga pernah menjuarai Liga Indonesia satu kali pada tahun 1999 dan menjadi runner-up liga pada tahun 2006.

Baca Juga:   Kembali Ikut Campur, Akmal Marhali Malah Salahkan PSSI dalam Kasus Simic dan Persija

Pada Liga Indonesia 2021, PSIS dengan pemimpin oleh Dragan Dukanovic. Sedangkan kapten PSIS musim ini adalah Wallace Costa. Pada bursa transfer terakhir, beberapa pemain baru PSIS yang direkrut antara lain Farrell Arya.

Arti Logo Psis Semarang

Logo PSIS Semarang
Logo PSIS Semarang

Sosok pria yang berteriak dan mengenakan belangkon itu meyakini sebagai Mahesa Jenar. Pahlawan cerita fiksi terpilih karena ia mewakili jiwa yang berani dan sopan. Julukan Mahesa Jenar mendapatkan dari Gubernur Jawa Tengah oleh M Ismail pada tahun 1987, saat PSIS akan menghadapi Persebaya pada laga pamungkas United.

Lantas apa hubungan Mahesa Jenar dengan PSIS Semarang? Mahesa Jenar yang merupakan tokoh sentral dalam cerita Nagasasra dan Sabuk Inten karya Singgih Hadi (S.H.) Mintardja, menggambarkan sebagai pendekar tangguh dari Kadipaten Pandan Arang yang kini terkenal dengan Semarang.

Baca Juga:   Bak Jatuh Tertimpa Tangga, Persib Bandung Tuai Hasil Buruk Plus Denda 200 Juta!

Pelatih dan Manajer PSIS Semarang

Pelatih Dragan Djukanovic
Dragan Djukanovic

Dragan Djukanovic adalah mantan pemain sepak bola dari Yugoslavia yang menjadi pelatih Pusamania Borneo FC sejak 2016. Sebelum kontraknya dengan Borneo FC, Djukovic pernah melatih tim Bangladesh Sheikh Russel KC dan klub Montenegro FK Lovcen.

Ia meninggalkan Lovcen setelah timnya kalah 0-4 dari FK Buducnost Podgorica akhir pekan lalu. Karir kepelatihan Djukanovic mulai pada tahun 2013 ketika ia mendapat kepercayaan ke manajemen tim Serbia, FK Sindjelic Belgrade.

Kedatangan Djukanovic pada Borneo FC menambah daftar pelatih yang pernah menangani Pesut Etam seperti Iwan Setiawan, Arcan Iurie, Kas Hartadi, Tony Ho, Jaino Matos hingga Basri Badrussalam.

1 2

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *