PSIS Semarang : Profil, Sejarah, Pemain dan Prestasi

Pemain PSIS Semarang (Foto: Kompas.com)

SeputarBola.ID – Membahas mengenai PSIS Semarang banyak sekali informasi yang harus kamu tahu. Mulai dari Profil, Sejarah, Pemain, Prestasi dan masih banyak lainnya. Sangat tepat jika kamu mencari detail dari PSIS Semarang pada halaman ini.

Profil Singkat PSIS Semarang

PSIS Semarang adalah sebuah klub sepak bola wilayahkota Semarang, provinsi Jawa Tengah. PSIS merupakan salah satu klub tradisional Liga Indonesia yang sudah berdiri sejak lama. Tim yang mendapatkan julukan Mahesa Jenar menjadi salah satu peserta Liga Indonesia musim ini. PSIS juga memiliki persaingan untuk bersaing pada papan tengah klasemen Liga 1.

  • Nama Klub : Persatuan Sepak Bola Indonesia Semarang
  • Nama Panggilan : Laskar Mahesa Jenar
  • Tahun pembuatan: 18 Mei 1932
  • Kota : Semarang, Jawa Tengah
  • Stadion: Stadion Jatidiri
  • Pelatih: Dragan Dukanovic (Montenegro)
  • Kapten: Wallace Costa (Brasil)

Sejarah Singkat PSIS Semarang

Semarang City Club berjuluk Laskar Mahesa Jenar. Sedangkan markas besarnya berada pada Stadion Jatidiri kota Semarang. PSIS berdiri sejak tahun 1932 dan merupakan salah satu klub tertua di Indonesia. Kelompok pro-grassroots PSIS terkenal sebagai Panzer Biru dan Snex.

PSIS pernah juara satu kali pada era United pada tahun 1987. Sedangkan era profesional Liga Indonesia sejak tahun 1994, PSIS juga pernah menjuarai Liga Indonesia satu kali pada tahun 1999 dan menjadi runner-up liga pada tahun 2006.

Pada Liga Indonesia 2021, PSIS dengan pemimpin oleh Dragan Dukanovic. Sedangkan kapten PSIS musim ini adalah Wallace Costa. Pada bursa transfer terakhir, beberapa pemain baru PSIS yang direkrut antara lain Farrell Arya.

Baca Juga:   Taisei Marukawa Blak-blakan: Gaji di Klub Indonesia Setara Pemain Klub Besar J1 League

Arti Logo Psis Semarang

Logo PSIS Semarang
Logo PSIS Semarang

Sosok pria yang berteriak dan mengenakan belangkon itu meyakini sebagai Mahesa Jenar. Pahlawan cerita fiksi terpilih karena ia mewakili jiwa yang berani dan sopan. Julukan Mahesa Jenar mendapatkan dari Gubernur Jawa Tengah oleh M Ismail pada tahun 1987, saat PSIS akan menghadapi Persebaya pada laga pamungkas United.

Lantas apa hubungan Mahesa Jenar dengan PSIS Semarang? Mahesa Jenar yang merupakan tokoh sentral dalam cerita Nagasasra dan Sabuk Inten karya Singgih Hadi (S.H.) Mintardja, menggambarkan sebagai pendekar tangguh dari Kadipaten Pandan Arang yang kini terkenal dengan Semarang.

Pelatih dan Manajer PSIS Semarang

Pelatih Dragan Djukanovic
Dragan Djukanovic

Dragan Djukanovic adalah mantan pemain sepak bola dari Yugoslavia yang menjadi pelatih Pusamania Borneo FC sejak 2016. Sebelum kontraknya dengan Borneo FC, Djukovic pernah melatih tim Bangladesh Sheikh Russel KC dan klub Montenegro FK Lovcen.

Ia meninggalkan Lovcen setelah timnya kalah 0-4 dari FK Buducnost Podgorica akhir pekan lalu. Karir kepelatihan Djukanovic mulai pada tahun 2013 ketika ia mendapat kepercayaan ke manajemen tim Serbia, FK Sindjelic Belgrade.

Kedatangan Djukanovic pada Borneo FC menambah daftar pelatih yang pernah menangani Pesut Etam seperti Iwan Setiawan, Arcan Iurie, Kas Hartadi, Tony Ho, Jaino Matos hingga Basri Badrussalam.

Pada masa mudanya, Djukanovic adalah pemain untuk tim Yugoslavia U21. Selanjutnya, Djukonovic, yang berposisi sebagai penyerang, bermain untuk OFK Belgrade dari tahun 1990 hingga 1992. Pada tim inilah Djukonic melakukan debut karir sepak bola pertamanya.

Djukanovic bermain untuk banyak klub selama masa mudanya, termasuk Avispa Fukuoka (1998), Mogren Budva (1999-200), Racing Club Paris (2000-2001), Mogren Budva (2003-2004), dan klub lainnya. Pada Mogren Budva ia mencatatkan 28 penampilan dan mencetak lima gol hingga akhirnya pensiun dari klub.

Pada 1 Januari 2020, Dragan Djukanovic menjadi pelatih tim sepak bola PSIS Semarang hingga saat ini. Berkat pengalamannya pada dunia sepak bola, saat ini ia menjabat sebagai pelatih pada PSIS Semarang.

Baca Juga:   Netizen Sedih, Berita Buruk Hampiri Pratama Arhan Tepat Sebelum Gabung Tokyo Verdy

Dragan Djukanovic bertugas untuk PSIS Semarang hingga 539 hari. Pertandingan yang terjadwalkan adalah 26 kali selama masa jabatannya sebagai pelatih.  Lantas nanti akan berganti pelatih pada siapa lagi.

Daftar Pemain Sepak Bola PSIS Semarang Terbaru 2021

  1. Posisi   Nama Pemain
  2. GK       Joko Ribowo
  3. DF       Riyan Ardiansyah
  4. DF       Brasil Wallace Costa
  5. FW      Jorry Guruh
  6. DF       Wahyu Prasetyo
  7. MF       Palestina Jonathan Cantillana
  8. DF       Pratama Arhan
  9. DF       Frendi Saputra
  10. MF       Finky Pasamba
  11. DF       Rio Saputro
  12. DF       Alfeandra Dewangga
  13. FW      Riski Fajar Saputra
  14. FW      Hari Nur Yulianto
  15. DF       Kartika Vedhayanto
  16. MF       Septian David Maulana
  17. GK       Jandia Eka Putra
  18. FW      Farrel Arya
  19. MF       Eka Febri Setiawan
  20. DF       Fredyan Wahyu
  21. MF       Andreas Ado
  22. FW      Brasil Bruno Silva
  23. MF       Fandi Eko Utomo
  24. FW      Komarodin
  25. FW      Bahril Fahreza

Prestasi yang Pernah PSIS Semarang Dapatkan

Perstasi dalam kejuaraan oleh PSIS Semarang yang pertama adalah perserikatan. Kemudian berkat pengalaman banyak hingga tahun ini telah menjadi TIMNAS Indonesia. Tentu dengan penuh perjuangan kuat dalam melewati perjalanan ini.

  • Perserikatan
  • Juara: 1986/87
  • Liga Indonesia (LI)
  • 1994/95: Peringkat 13 Wilayah Timur
  • 1995/96: Peringkat 10 Wilayah Timur
  • 1996/97: Peringkat Enam Grup Tengah
  • 1998/99: Juara
  • 1999/00: Degradasi ke divisi satu
  • 2001: Promosi ke divisi utama
  • 2002: Peringkat ke-8 Wilayah Timur
  • 2003: Peringkat ke-13
  • 2004: Peringkat ke-9
  • 2005: Peringkat ke-3
  • 2006: Runner-up
  • 2007: Posisi ke-10 Wilayah Barat

Daftar Pencetak Gol Terbanyak Selama Ini

  • 43 gol: Hari Nur Yulianto
  • 36 gol: Julio Lopez
  • 34 gol: Indriyanto Setyo Nugroho
  • 30 gol: Budi Wahyono
  • 29 gol: Arliston De Oliveira
  • 26 gol: Muhammad Ridwan
  • 23 gol: Emanuel De Porras
  • 21 gol: Ribut Waidi
  • 20 gol: Imral Usman

Link live streaming PSIS Semarang

Bagi kamu ingin menonton secara online tanpa harus datang ke stadion, cukup buka video pada internet. Namun cek jadwal terlebih dahulu sebelum membukanya. Banyak link yang berbedar secara online baik pada grup maupun google.

Baca Juga:   Mungkin Piala AFF Dimulai Berbarengan Dengan Liga 1, Endri Erawan: Kami Takut Kehilangan‚Ķ

Link yang bisa kamu manfaatkan untuk nonton pertandingan PSIS Semarang adalah vidio.com dan youtube.com. Sebenarnya banyak sekali informasi yang kamu dapatkan melalui google. Namun caara termudah adalah melalui vidio.com dan youtube.com.

Supporter

Suporter PSIS Semarang menyebutnya sendiri Panser Biru (Suporter Pasukan Semarang Biru) dan Snex (Suporter Semarang Extreme) yang merupakan suporter paling fanatik dan fanatik untuk Indonesia. Panzer Biru Panzer Biru lahir pada tanggal 25 Maret 2001 dan melalui proses yang panjang.

Ketika PSIS diproklamasikan sebagai juara pada 1999, sebenarnya banyak penggemar Laskar Mahesa Jenar di Semarang dan sekitarnya yang memberikan dukungan setia, namun saat itu tidak terkoordinasi dengan baik. Karena PSIS terdegradasi ke Divisi I, beberapa pendukung ingin membentuk yang terorganisasi dengan baik dan terorganisir terlebih dahulu di Semarang.

Rivalitas / Pertarungan Berat

Lawan utamanya adalah persaingan dengan Persijap Jepara dengan pengikutnya yang bernama Banaspati dan The Jet Man, klub dari kota yang berbeda tetapi dari provinsi yang sama, khususnya Jawa Tengah. Derby antara keduanya disebut Central Java Derby, Derby tersebut merupakan derby terpanas dan paling emosional di Indonesia setelah Persija Jakarta dengan mereka The Jack vs Persib bandung dengan Bobotoh-nya.

Beberapa kasus kekerasan pernah terjadi, antara lain pada tahun 2009 saat pendukung Persijap Jepara hendak berangkat ke Jakarta (karena hendak melawan Persija Jakarta), dicegat di Semarang. 3 bus yang mereka tumpangi mendapat lemparan batu, 2 bus melintas dan 1 bus berhenti ke Semarang, seluruh suporter yang berada dalam bus mengalami luka parah.

Begitulah informasi singkat dan detail tentang PSIS Semarang. Mulai dari Profil, Sejarah, Pemain dan Prestasi hingga Rivalitas.

Follow SeputarBola.ID di Google News

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *