Garuda Nusantara akan menghadapi lawan tangguh dalam rangkaian TC di Eropa. Skuad bertabur bintang yang menjadi lawannya nanti adalah tim nasional U-20 tuan rumah yaitu Turki. Duel yang dijadwalkan akan berlangsung pada tanggal 26  Oktober 2022 menjadi Medan pembuktian skuad timnas U-19 dalam menyongsong Piala Asia dan Piala Dunia 2023 mendatang.

Seperti timnas Indonesia, Turki sendiri sedang melaksanakan TC untuk menyongsong kualifikasi Piala dunia U-20.

Skuat tim nasional Turki U-20 bukanlah tim yang sembarangan mereka diperkuat oleh beberapa pemain yang sudah melalang buana di berbagai liga Eropa yang secara otomatis tim ini dihuni oleh pemain yang berpengalaman dan mumpuni.

Hal itu bisa terlihat dari banyaknya tim pemain lokal, yang bermain untuk klub raksasa Turki, yaitu Fenerbahce, Galatasaray, dan Beşiktaş. Diketahui, ada tiga pemain Turki yang berseragam Galatasaray.

Ketiga pemain tersebut adalah kiper Jangkat Yilmaz, bek Umut Erdem, dan gelandang Hamza Akman. Selain itu ada pemain yang membela Fenerbahce, Bora Aydinlik, yang bermain di posisi gelandang.

Baca Juga:   Catatan Manis Di Negeri Erdogan,  Timnas U-19 Menang 3-1.

Selain diperkuat pemain-pemain yang bermain di kompetisi lokal, Timnas Turki juga memanggil beberapa pemainnya yang merumput di liga top Eropa seperti Belanda, jerman dan Italia.

Dari daftar yang dirilis, pemain yang berkarier di luar negeri, Berkay Yilmaz (SC Freiburg), Jakob Kalayci (Union Berlin), dan Berzan Polat (FC Luzern) dipanggil.

Pencapaian Timnas Turki dalam kompetisi level usia dapat dibilang cukup mentereng,Turki mampu bersaing di Piala Eropa U-20 pada periode 2002-2005. Dalam periode itu pencapaian terbaik Turki adalah berhasil menjadi runner up di Piala Eropa U-20 2002.

Baca Juga:   Gunakan Uang Negara, Shin Tae-yong Ungkap Alasannya Bersikeras Bawa Timnas U-19 TC ke Korea Selatan

Meskipun akhir-akhir ini performa mereka sedikit menurun. Di Piala Eropa U-19 2022, Turki gagal menembus putaran final setelah hanya menempati juru kunci Elite Round Grup 1 atau ajang kualifikasi Piala Eropa U-19 sehingga bukan mustahil Marcellino dkk dapat berbuat banyak pada pertandingan tersebut bahkan memungkinkan untuk mengalahkan tim tuan rumah. Asalkan mereka mampu memahami dan menerjemahkan instruksi serta strategi Shin tae-young dengan baik.

(Editor/Fathur Rozi)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan