Kedatangan Shin Tae-yong benar-benar memberikan pembaruan untuk sepak bola Indonesia khsususnya Tim Nasional, sejak awal kedatangan STY memang katakan ingin merubah sistem.

“Sebenarnya saya ke Indonesia untuk mengubah sistem sepak bolanya. Daripada terlalu menitikberatkan pada prestasi. Saya berpikir akarnya harus kuat, agar ke atasnya juga kuat,” ujar Shin Tae Yong.

Dan memang terbukti, kini sudah banyak sekali perubahan salah satunya adalah aktif dalam mencari para pemain keturunan yang dirasa layak masuk Timnas Indonesia.

Beberepa pemain sudah dihubungi namun sejauh ini hanya ada dua pemain yang sudah mengirimkan dokumen, kedua pemain tersebut adalah Sandy Walsh dan Jordi Amat.

Dibalik keinginan Sandy Walsh membela Timnas Indonesia, ternyata ada peran dari Shin Tae-yong yang sangat mempercayainya hingga sang pemain bersedia membela skuad Garuda.

”Sekarang, ada pelatih timnas, Shin Tae-yong, yang sangat percaya dengan saya. Dalam setiap pertemuan dengan pimpinan federasi, dia coba memanggil saya. Mereka tahu bahwa saya sangat termotivasi,” kata Walsh.

Sandy Walsh sudah bulatkan niat akan menjadi Warga Negara Indonesia, dirinya berharap naturalisasi akan dilakukan pada bulan April 2022.

”Sekarang, [proses naturalisasi] sudah 90-95 persen menuju selesai. Pada bulan April [2022], saya berharap akan resmi [jadi WNI],” jelasnya.

Baca Juga:   Saking Bahagianya Segera Dinaturalisasi, Jordi Amat Rayakan dengan Berbagi

Sandy Walsh sendiri sudah mempelajari bagaimana sejarah Timnas Indonesia bahkan dia sudah tau bahwa nantinya akan dipersiapkan untuk Kualifikasi Piala Asia 2023.

”Ada tiga pertandingan yang menentukan di Piala Asia 2023. Ini adalah fase kualifikasi terakhir dan Indonesia terakhir berpartisipasi pada 2007, jadi ada banyak yang dipertaruhkan,” pungkasnya.

Mochamad Iriawan selaku Ketua Umum PSSI mengatakan bahwa proses naturalisasi Sandy Walsh dan Jordi Amat kini sudah diserahkan ke Menpora untuk segera di proses.

“Ini kami ajukan sesuai dengan permintaan pelatih diantaranya Sandy Walsh dan Jordi Amat,” kata Iriawan.

Baca Juga:   Poles Garuda Nusantara, Shin Tae-yong: Kami Pantau Dulu!

“Dari hasil yang disampaikan Shin Tae-yong kedua pemain tersebut memang yang dihire yang bersangkutan untuk bisa gabung dengan Timnas kita yang nantinya prosesnya yang dibantu oleh Kemenpora.”

“Jadi sekali lagi program naturalisasi atas permintaan Shin tae-yong dan kami meneruskan meminta kepada pemerintah agar segera membantu proses kewarganegaraan sehingga mereka bisa gabung dengan timnas kita,” jelasnya.

Sangat membanggakan mempunyai pelatih yang benar-benar peduli dengan skuad asuhannya, bahkan Shin Tae-yong berhasil meyakinkan Sandy Walsh untuk mau membela Timnas Indonesia.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan