Persipura Jayapura berpeluang untuk terkena sanksi dari Komisi Disiplin PSSI mengenai mangkirknya Ramai Rumakiek.

Seperti yang sudah banyak diberitakan, Ramai Rumakiek mangkir dari panggilan Timnas Indonesia yang menjalani pemusatan latihan di Korea Selatan.

Dikabarkan sakit, namun ketika dimintai visa sang pemain tak kunjung memberikannya, ia juga ditawarkan untuk berobat di Jakarta namun sang pemain tak merespon.

Ramai Rumakiek akhirnya dianggap mangkir dari panggilan Timnas Indonesia dan ia dicoret dari skuad Garuda karena indisipliner.

Sikap Ramai Rumakiek ini melanggar Kode Disiplin PSSI Pasal 73 tentang Pengabaian terhadap Kewajiban kepada Tim Nasional. Ramai Rumakiek terbukti melanggar ayat 1.

Baca Juga:   Belum Terima Terdegradasi, Persipura Kirim Surat ke PSSI dan Akan Lapor ke FIFA

“Pemain yang terdaftar di PSSI, apabila diminta sesuai dengan ketentuan yang berlaku, memiliki kewajiban untuk ikut serta dan melakukan upaya terbaiknya dalam pertandingan atau kompetisi yang diikuti oleh tim perwakilan PSSI,” bunyi ayat 1.

Persipura Jayapura juga terancam terkena sanksi dari Komdis PSSI karena menaggar ayat 3 apabila terbukti berperan dalam mangkirnya Ramai Rumakiek.

Tak main-main, tim berjuluk Mutiara Hitaam itu bisa mendapatkan sanksi berat hingga dibekukan 12 bulan dilarang beraktivitas di sepak bola nasional.

Baca Juga:   Baru Dapatkan Sponsor, Persipura Jayapura Akhirnya Gelar Latihan Perdana

“Ofisial atau Pengurus yang ikut membantu terjadinya pelanggaran disiplin sebagaimana dimaksudkan pada ayat (1) di atas dikenakan sanksi larangan ikut serta dalam aktivitas yang terkait dengan sepak bola sekurang-kurangnya 12 (dua belas) bulan,” tegas ayat 3.

Kini Timnas Indonesia U-23 diisi oleh 25 pemain kala menjalani pemusatan latihan di Korea Selatan, pemain-pemain abroad belum bisa bergabung lantaran dibutuhkan oleh klub.

Selain itu, ada 5 nama dari Timnas U-19 yang masuk dalam skuad U-23, lima pemain tersebut adalah Marselino Ferdinan, Ronaldo Kwateh, Muhammad Ferarri, Cahya Supriadi, dan Kakang Rudianto.

Kelima pemain itu baru saja mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19 di Negeri Ginseng pada Maret-April 2022.

Timnas Indonesia U-23 bakal menggelar training centre di Korea Selatan selama kurang lebih dua pekan sebelum kembali ke Tanah Air pada 29 April 2022.

Meski belum bisa bergabung, namun Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman dan Asnawi Mangkualam sudah dipastikan oleh PSSI akan bergabung dengan skuad Garuda untuk Sea Games 2021.

(Editor/Yusril Fahmi)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan