Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia atau biasa disebut Kemenkunham sudah terima surat rekomendasi tiga pemain keturunan dari Kementerian Pemuda dan Olaharaga (Kemenpora).

Tiga pemain tersebut adalah Sandy Walsh, Shayne Pattynama dan Jordi Amat, ketiga pemain tersebut akan segera diproses untuk menjadi Warga Negara Indonesia atau biasa disebut naturalisasi.

Sempat dikabarkan tiga pemain tersebut sudah masuk dalam proses administrasi kini perkembangannya semakin baik karena kini surat rekomendasi sudah diterima oleh Kemenkunham.

Sebagaimana diketahui, tiga pemain itu merupakan calon pemain Timnas Indonesia. Ketiga pemain itu merupakan pemain yang berpengalaman merumput di Liga Eropa. Jordi Amat merupakan pemain KAS Eupen (Liga Belgia), kemudian Walsh merupakan penggawa KV Mechelen (Liga Belgia), sedangkan Pattynama merupakan pemain Viking FK (Liga Norwegia).

Tak langsung setuju, Kemenkunham akan melakukan pemeriksaan terlebih dahulu untuk permohonan kewarganegaraan ketiga pemain tersebut.

“Kita tidak sembarangan melakukan naturalisasi. Perlu ada pertanggungjawaban kepada masyarakat. Kita mem-filter, screening, bahwa mereka memang layak diberi status WNI,” jelas Baroto dalam rilis resmi yang diterima dari Kemenkumham, Jumat (18/3/2022).

“Proses (pewarganegaraan) tidak hanya dilihat dari aspek legal formal saja. Tetapi juga lainnya. Dalam naturalisasi tiga pesepakbola tersebut, kami akan berkoordinasi dengan PSSI dan Kemenpora untuk memastikan apakah mereka layak untuk dinaturalisasi atau tidak,” Baroto menjelaskan.

“Proses pewarganegaraan bukanlah suatu hal yang mudah,” kata Baroto. “Kita harus membuktikan bahwa proses yang kita lakukan ini adalah orang yang memang kredibel dan bisa memberikan prestasi bagi olahraga dalam negeri,” tegasnya.

Disisi lain, sebenarnya ada kesempatan besar untuk Sandy Walsh dan Jordi Amat bisa bergabung dengan skuad Garuda dalam event Sea Games 2021 jika segera dinaturalisasi.

Baca Juga:   Sandy Walsh Pelajari Liga 1 Karena Diminati Persija dan Bali United, Netizen: Penurunan Karir

Karena di pertengahan April liga Belgia akan libur, maka kedua pemain tersebut bisa membela Timnas Indonesia.

Sea Games sendiri memberikan 3 slot pemain senior untuk bisa masuk dalam skuad, dan Timnas Indonesia sejauh ini masih menggunakan 1 slotnya untuk Marc Klok.

Mari kita tunggu apakah proses naturalisasi bisa segera terwujud.

(Editor/Gamin Min)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan