Kekalahan telak melawan Yeungnam University menjadi evaluasi untuk Shin Tae-yong selaku pelatih Timnas Indonesia U-19 sebelum memasuki Piala Dunia U-20.

Timnas U-19 Indonesia sudah menjalani pertandingan uji coba perdana melawan Yeungnam University di Lapangan Yeungdeok Heimaji, Yeongdeok, Korea Selatan, Senin (22/3/2022).

Berbeda dengan pertandingan pada umumnya, dalam laga ini pertandingan dijalankan 3 babak, masing-masing babak dijalankan selama 40 menit.

Shin Tae-yong yang merotasi semua pemainnya agar mendapatkan menit bermain, harus rela kalah telak 5-1 lawan tim yang juga pernah ia bela tersebut.

Gol timnas U-19 Indonesia dicetak oleh Ricky Pratama, uji coba lawan Yeungnam University telah usai namun skuad Garuda masih menjalani latihan di Yeongdeok, Korea Selatan (23/3/2022).

Shin Tae-yong temukan dua kelemahan Timnas Indonesia di laga melawan Yeungnam University, dirinya juga mengungkapkannya melalui channel Youtube PSSI.

Menurutnya, skuad Garuda U-19 belum maksimal dalam organisasi tim, wajar mengingat para pemain dalam laga tersebut dirotasi agar semua mendapatkan menit bermain.

Selain itu, skuad Garuda U-19 juga baru dibentuk dalam beberapa bulan, oleh karena lawan yang kuat akan membuat Timnas Indonesia U-19 sadar bahwa mereka banyak kekurangan.

Baca Juga:   Shin Tae-yong Raih Penghargaan Pelatih Olahraga Terfavorit di Indonesia Awards 2023

“Hari ini fokus latihan organisasi karena banyak kekuarangan secara organisasi di pertandingan kemarin.”

“Memang banyak kekurangan,” kata Shin Tae-yong dilansir BolaSport.com dari kanal youtube PSSI.

Shin Tae-yong juga menjelaskan kebugaran dari para pemain juga menjadi masalah mengapa skuad Garuda kalah telak lawan Yeungnam University.

Ronaldo Kwateh dkk masih belum pulih setelah menjalani latihan dengan intensitas tinggi pada tiga haru sebelum laga ini.

Baca Juga:   PSSI Berburu Pemain Naturalisasi Bintang Eropa Agar Timnas Indonesia Bicara Banyak di Piala Asia 2023

“Tapi pemain memang tidak begitu baik karena kita latihan dengan intensitas tinggi dan weight training yang keras.”

Meski kalah telak, namun Shin Tae-yong waktu seiring jalannya waktu dan banyak lakukan evaluasi maka skuad Garuda akan semakin membaik meskipun pelan-pelan.

“Tapi saya percaya pastinya pelan-pelan akan segera membaik.”

“Jadi kekurangan kemarin kita fokus pada organisasi dan taktik,” pungkasnya.

Taktik nampaknya juga menjadi kekurangan dalam laga kemarin,  setidaknya ini sudah disadari dan akan diperbaiki untuk pertandingan kedepannya.

(Editor/Gamin Min)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan