Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong sudah memprediksi bahwa Timnas Indonesia U-23 akan dirugikan di Sea Games 2021, namun coach Shin sudah antisipasi.

Sang tuan rumah, Vietnam diprediksi akan menjadi juara dalam ajang Sea Games 2021 cabang olahraga sepak bola, dan Indonesia adalah tim “kuda hitam”.

Julukan yang wajar mengingat Vietnam memang sang tuan rumah dan Indonesia baru saja meraih runner up di Piala AFF 2020.

Di Piala AFF 2020, Timnas Indonesia pun satu grup dengan Vietnam saat itu, saat itu skuad Garuda berhasil menjadi juara grup dan Vietnam di runner up.

Hasil tersebut sangat menguntungkan, Vietnam akhirnya bertemu Thailand di semi final dan kalah, lalu Indonesia bertemu Singapura dan keluar menjadi pemenang.

Shin Tae-yong sendiri sudah memprediksi bahwa Timnas Indonesia akan dirugikan di kompetisi Sea Games 2021.

“Vietnam itu pastinya salah satu calon juara di SEA Games. Pastinya ada yang merugikan tim kami di Vietnam, karena mereka tuan rumah, tetapi itu sudah kami antisipasi,” kata Shin Tae Yong usai latihan malam.

“Kami harus bertanding untuk mendapatkan hasil yang mungkin keren buat kita semua,” sambungnya.

Baca Juga:   Gillingham FC Tumbang dari Wolves, Kecewa Shin Tae Yong Berbalik Arah

Pernyataan dari Shin Tae-yong secara tidak langsung menjadi psywar untuk Vietnam bahwa coach Shin sudah siap dengan berbagai kondisi.

Timnas Indonesia kali terakhir berhasil juara di kejuaraan multievent pada 1991 yang dihelat di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina.

Tim arahan Anatoli Polosin itu berhasil menyumbangkan medali emas bagi Indonesia setelah menang dramatis melalui adu penalti 4-3 (0-0) atas Thailand.

Menpora dan PSSI sudah memberi target bahwa di Sea Games 2021 cabang olahraga sepak bola harus bisa menyumbangkan medali emas.

Baca Juga:   Media Inggris Salut dengan Sepak Bola Asia Tenggara, Sebut Indonesia Sebagai Negara Paling Menarik Perkembangannya

Timnas Indonesia sendiri akan melawan Vietnam di laga pembukaannya pada tanggal 6 Mei 2022, Marc Klok dan kawan-kawan tergabung di Grup A denganĀ Vietnam, Myanmar, Filipina, dan Timor Leste.

Dalam Sea Games 2021, Shin Tae-yong terbilang sangat percaya diri untuk bisa meraih gelar juara.

“Tidak ada alasan bagi kami untuk tidak memenangkan SEA Games,” kata Shin tae-yong dalam wawancara dengan Dong-A Ilbo.

“Para pemain melakukannya dengan benar. Nantikan tantangan dari Indonesia, tim telah membuat langkah baru,” tambahnya.

(Editor/Yusril Fahmi)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan