Garuda Muda Bantai Chinese Taipei, Shin Tae-yong: Bukti Sepak Bola Indonesia Semakin Berkembang!

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, saat melawan Argentina. (Dok. PSSI)

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong, merasa gembira dengan kemenangan telak yang diraih anak asuhnya atas Chinese Taipei U-23 pada lanjutan Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23 2024.

Dalam duel yang berlangsung di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (9/9/2023) malam WIB, Timnas Indonesia U-23 menggasak Chinese Taipei sembilan gol tanpa balas.

Sejak babak pertama, Tim Garuda Muda memang sudah unggul telak. Mereka sukses menutup paruh pertama dengan keunggulan 5-0 lewat gol Marselino Ferdinan (3′), Ramadhan Sananta (7′), Rafael Struick (20′), Witan Sulaeman (30′), dan Ilham Rio Fahmi (41′).

Pesta gol Timnas Indonesia U-23 belum berhenti pada babak kedua. Mereka kembali menambah empat gol melalui Elkan Baggot (56′), Marselino Ferdinan (58′), Hokky Caraka (79′), dan Pratama Arhan (84′).

Berita Video, Timnas Indonesia U-23 gelar latihan perdana jelang Kualifikasi Piala Asia U-23 pada Senin (4/9/2023)

Shin Tae-yong merasa sangat puas dengan penampilan yang diperlihatkan pemain Timnas Indonesia U-23. Kemenangan dengan margin sembilan gol itu membuktikan sepak bola Indonesia semakin berkembang.

“Kemenangan dengan skor yang besar hari ini menunjukkan sepak bola Indonesia sedang berkembang dari level sebelumnya,” kata Shin Tae-yong dalam sesi konferensi pers pasca-pertandingan, Sabtu (9/9/2023).

“Sekali lagi saya ingin mengucapkan terima kasih kepada para pemain karena sudah bekerja keras pada pertandingan hari ini,” ia menambahkan.

Strategi Lawan Turkmenistan

Shin Tae-yong juga menyinggung soal perubahan formasi yang menjadi kejutan baru pada pertandingan ini. Pelatih asal Korea Selatan itu menggunakan skema 4-4-2. Ini adalah formasi baru bagi Garuda Muda.

Namun, Shin Tae-yong belum bisa memastikan apakah skema serupa akan diterapkan saat berjumpa Turkmenistan U-23. Dia masih ingin merahasiakan racikannya untuk pertandingan penentuan ini.

“Untuk masalah formasi, mungkin baru bisa diketahui saat pertandingan hari H nanti. Jadi, saya belum bisa disampaikan dalam kesempatan ini,” ujarnya pelatih berusia 52 tahun itu.

Baca Juga:   Cari Masalah, Sandy Walsh soroti sosok Shin Tae-yong hingga Bawa-Bawa Penerjemah ke Lapangan

Kans Lolos ke Putaran Final

Dengan kemenangan ini, Timnas Indonesia U-23 sukses membuka peluangnya untuk lolos ke putaran final. Mereka sukses mengungguli Turkmenistan U-23 pada posisi klasemen Grup K.

Pasalnya, skuad Garuda Muda sukses unggul selisih gol atas Turkmenistan yang hanya menang 4-0 atas Chinese Taipei. Dengan kata lain, hasil imbang sudah cukup untuk membawa Rizky Ridho dkk. lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2024.

Sumber: bola.com

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan