Timnas Indonesia nampaknya belum bisa menurunkan formasi idaman dalam susunan tim jelang FIFA matchday pada September 2022 mendatang.

Hingga berita ini diturunkan,  starting XI Timnas Indonesia besutan Shin Tae-yong dipastikan harus bermain tanpa Sandy Walsh cs.

Pasalnya, Shin Tae-yong dipastikan belum bisa memanggil tiga pemain keturunan yakni Sandy Walsh, Jordi Amat dan Shayne Pattynama ke Timnas Indonesia.

Penyebabnya adalah, pemain tersebut belum sepenuhnya menjadi warga Indonesia karena proses naturalisasi yang belum selesai.

Timnas Indonesia akan bersua Cucarao di FIFA Matchday pada 24 dan 27 September 2022 mendatang. Saat itu, Sandy Walsh, Jordi Amat dan Shayne Pattynama belum resmi menjadi WNI.

Meskipun sebenarnya, ketiganya telah melengkapi dokumen dan sudah sampai ke DPR RI. Hanya saja,  Komisi X DPR RI menggelar rapat dengan Menpora RI pada Rabu (24/8/2022) lalu, mereka baru membahas permohonan naturalisasi di bulan September mendatang.

Baca Juga:   Bersuara Lantang, Anggota DPR Tolak Naturalisasi yang Timnas Indonesia

Usai dibahas bersama DPR, Zainudin Amali berharap proses naturalisasi Sandy Walsh dan Jordi Amat dijadwalkan pada September mendatang.

“Kami jadwalkan September karena kami harus sesuaikan jadwal. Kemarin karena saya ada kegiatan. Jadi, baru direncanakan awal September,” ujar Menpora beberapa waktu lalu.

Proses naturalisasi juga tidak hanya sampai kepada DPR saja. Dokumen masih harus melalui persetujuan dari Presiden RI, Joko Widodo alias Jokowi.

Baca Juga:   Media Malaysia Soroti Aksi Heroik Timnas Indonesia Kalahkan Kuwait

Dengan demikian, dapat dipastikan proses naturalisasi ketiga pemain tersebut tidak akan selesai pada gelaran FIFA Matchday pada 24 dan 27 September 2022 kontra Cucarao.

Tentu situasi tersebut cukup merugikan bagi squad asuhan Shin Tae-yong. Pasalnya, ketika pemain tersebut dinilai cukup berpengalaman dan dapat memberikan pengaruh positif terhadap permainan Timnas Indonesia.

(Editor/Fathur Rozi)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan