Pratama Arhan menjadi perhatian di media Korea Selatan. Dia dikabarkan akan direkrut klub Suwon FC. Bahkan, media Korsel itu menyamakan Pratama Arhan dengan bintang Liga Inggris.

Media yang mengabarkan itu adalah Chosun.com. Media ini menyebut Pratama Arhan merupakan salah satu bintang terbaik Indonesia.

“Debutnya di tahun 2020 dengan PSIS Semarang membuatnya langsung mencuri perhatian dengan kemampuannya dan tampil sebagai bintang,” ujar Chosun, Selasa (26/9/2023).

Chosun pun menyebut salah satu keterampilan Pratama Arhan dalam mekakukan throw-in atau lemparan ke dalam yang cukup jauh. Bila throw-in berada di lapangan pertahanan lawan, lemparan Arhan biasanya sampai di sekitar mulut gawang dan mengancam gawang lawan. Beberapa kali berbuah gol.

“Arhan memiliki kemampuan lemparan ke dalam seperti Rory Delap dan kemampuan tendangan bebas yang kuat,” tandasnya.

Rory Delap merupakan mantan gelandang Timnas Irlandia. Diakelahiran Inggris, namun membela Timnas Irlandia. Dia lama juga merumput di Liga Inggris.

Sejumlah klub Liga Inggris yang pernah dibelanya adalah Derby County, Stoke City, Southampton hingga Sunderland. Harga pasaran tertinggi pernah mencapai Rp95,6 miliar pada 2004 saat masih membela Shoutampton FC.

Dia sangat ditakuti klub-klub lawan karena lemparah ke dalam jauh. Pria berusia 47 tahun itu pensiun dari sepak bola pada 16 Desember 2013. Saat ini dia menjadi asisten pelatih di klub Israel, M. Tel Aviv.

Media Chosun juga menyatakan bahwa Pratama Arhan kini dikontrak Tokyo Verdy, yang berlaka di Liga 2 Jepang pada tahun 2022. Walau hanya empat kali dimainkan dalam dua musim bersama TokyoVerdy, Chosun menyebut penampilan Arhan semakin menonjol untuk Timnas Indonesia.

Baca Juga:   Kembali dapat Menit Bermain, Pratama Arhan Antarkan Tokyo Verdy Tundukkan Toyo University

“Pelatih Shin Tae-yong aktif menggunakan duet kiri Arhan dan kanan Asnawi. Arhan baru berusia 21 tahun, namun ia sudah memainkan 31 pertandingan internasional,” terangnya.

Tidak berhenti di sana, medua tersebut mengatakan, Arhan juga terpilih menjadi salah satu dari 11 pemain yang harus diwaspadai pada tahun 2023 oleh Konfederasi Sepak Bola Asia.

“Dia sangat populer di Indonesia karena ketampanannya. Jumlah pengikut di Instagram mencapai 5,97 juta,” tutupnya.

Dikabarkan pula, Arhan memiliki kemampuan untuk bermain baik di sisi kiri maupun kanan, dan dia juga memiliki kekuatan serangan yang bisa digunakan sebagai pemain sayap jika diperlukan.

Baca Juga:   Sok-sokan Tiru Pratama Arhan, Lemparan ke Dalam Pemain Timnas Malaysia ini Bikin Ngakak

“Suwon FC akan memberikan kesempatan kepada Arhan secara aktif dan memiliki niat untuk mengembangkannya. Arhan juga disebut telah puas dengan rencana Suwon FC ini dan memutuskan untuk pindah ke Korea,” tulisnya.

Media Chosun sebelumnya mengaku mendapat kabar dari pejabat Suwon FC bahwa klubnya sedang melakukan pendekatan dengan Pratama Arhan yang akan habis kontrak dengan Tokyo Verdy.

“Pada tanggal 26, seorang pejabat yang mengetahui pasar transfer K-League berkata, ‘Suwon FC hampir merekrut pemain nasional Indonesia Pratama Arhan. Kesepakatan umum telah dicapai dengan Arhan, yang berstatus bebas transfer, dan detailnya rencananya akan diumumkan. Segera diselesaikan’,” tulis Chosun. (*)

Sumber: suara.com

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan