Timnas Indonesia harus menerima kenyataan kalah telak atas Yeungnam University dengan skor 5-1, kekalahan tersebut memang kurang lebih bisa dibaca oleh Shin Tae-yong sebelum laga.

Shin Tae-yong menjelaskan bahwa skuad Garuda cukup kelelahan, tak terlalu berpatok pada hasil Shin Tae-yong ingin push mental dan stamina para pemain.

“Latihan hari ini membuat formasi.”

“Kondisi pemain saat ini tidak ada yang cedera, tapi pemain capek karena ada latihan fisik keras dan weight training,” kata Shin Tae-yong dilansir dari laman resmi PSSI, Selasa (22/3/2022).

“Dan jujur, sebenarnya kondisi pemain capek. Tapi saya ingin meningkatkan performa pertandingan,” tambahnya dengan penuh harapan.

Yeungnam University memang sebuah kampus yang hebat, bahkan Shin Tae-yong mengawali karir profesionalnya di kampus asal Korea Selatan tersebut.

Kalah telak lawan Yeungnam University, salah satu pemain Timnas Indonesia U-19, Ricky Pratama bersyukur pertandingan berjalan lancar namun ia merasa kekalahan ini karena belum adaptasi.

“Alhamdulillah, pertandingan berjalan lancar meski kita kalah karena kita belum beradaptasi dengan cuaca yang dingin. Saya memang mencetak gol, tapi yang penting kemenangan tim dan kita selalu kompak dalam TC di Korea Selatan ini,” ujar Ricky Pratama.

Baca Juga:   Poles Garuda Nusantara, Shin Tae-yong: Kami Pantau Dulu!

Untuk diketahui, laga perdana ini digelar tiga sesi, masing-masing 40 menit. Cuaca di Yeongdeok sore tadi juga sempat mencapai 11 derajat celsius.

Usai karantina selam tujuh hari, tim memang kurang bisa beradaptasi dengan cuaca karena memang baru merasakan cuaca ekstream yang dijalaninya, dan itu juga sudah dipertimbangakan STY.

Shin Tae-yong sudah memikirkan bahwa cuaca di Korea Selatan akan membuat para pemain kesulitan, di sisi lain akan membuat pemain terbiasa melawan cuaca.

“Kenapa memilih TC di Korsel? Alasan pertama, saya ingin membentuk mental para pemain Timnas Indonesia U-19 seperti pemain Korea Selatan.”

“Saya tahu tentang keseluruhan mental bermain Korea Selatan seperti apa,” ujar Shin Tae-yong.

“Kedua, di sini cuaca sangat dingin. Saya berharap para pemain dapat terbentuk fisik yang kuat yakni bisa melawan cuaca.” imbuhnya.

(Editor/Gamin Min)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan