Sebanyak lima fakta Manchester City juara Liga Champions 2022-2023 setelah menang 1-0 atas Inter Milan akan dibahas di sini. Salah satu di antaranya bikin jengkel Manchester United.

The Citizens – julukan Manchester City – sukses rengkuh gelar juara Liga Champions 2022-2023 berkat gol tunggal Rodri pada menit ke-68. Laga ini dimainkan di Ataturk Olympic Stadium, Minggu (11/6/2023) dini hari WIB.

Kemenangan Manchester City atas Inter Milan menyisakan setidaknya lima fakta menarik. Apa sajakah itu? Silakan simak pembahasan kami berikut ini.

Berikut 5 Fakta Manchester City Juara Liga Champions 2022-2023 Setelah Menang 1-0 atas Inter Milan

5. Gelar Liga Champions Pertama Pep Guardiola di Luar Barcelona

Pep Guardiola sukses merengkuh trofi Liga Champions ketiganya sepanjang karier kepelatihannya. Namun, ini baru menjadi trofi Liga Champions pertamanya semenjak meninggalkan Barcelona.

Baca Juga:   Bawa Timnya Lolos Liga Champions, Pemain Keturunan Indonesia Buat Gempar Media Malaysia

Dua trofi lainnya diraih bersama Barcelona pada 2009 dan 2011. Guardiola tak pernah mencapai final Liga Champions bersama Bayern Munich dan gagal dalam percobaan pertama bersama Manchester City pada 2021.

4. Lengkapi Nestapa Tim-Tim Italia di Final Kompetisi Eropa Musim Ini

Di musim ini, di semua kompetisi Eropa, selalu ada perwakilan Italia di laga final. Namun, tidak ada satu pun di antara mereka yang meraih kemenangan.

AS Roma dikalahkan Sevilla lewat adu penalti di final Liga Eropa. Kemudian, Fiorentina ditundukkan West Ham 1-2 di final Liga Konferensi Eropa. Terakhir, Inter Milan dikalahkan Manchester City 0-1 di final Liga Champions.

Baca Juga:   Jeniusnya Shin Tae-yong, Dua Pemain Incarannya Segera Gabung Inter Milan dan AC Milan!

3. Kevin De Bruyne Selalu Cedera di Final Liga Champions

Kevin De Bruyne selalu mengalami cedera di laga final Liga Champions. Hal ini sebelumnya terjadi pada laga puncak di musim 2020-2021.

Namun, ujung kisah kedua final tersebut berbeda. Jika Manchester City kalah 0-1 dari Chelsea pada 2021, kali ini mereka menjadi juara dengan kemenangan 1-0.

2. Tim asal Inggris Kembali Kalahkan Wakil Italia di Istanbul

Kemenangan Manchester City diraih di Istanbul atas Inter Milan. Ini merupakan situasi familiar yang pernah terjadi di final Liga Champions 2004-2005.

Kala itu, tim asal Inggris Liverpool bersua dengan AC Milan, perwakilan Italia. Sempat tertinggal 0-3, Liverpool sukses bangkit dan menyamakan skor menjadi 3-3 sebelum akhirnya menang lewat adu penalti.

Baca Juga:   Berempati Korban Kanjuruhan, Suporter Bayern Munchen: Lebih dari 100 Orang Dibvn*h Polisi

1. Treble Winners Kedua dari Tim asal Inggris

Manchester City melengkapi raihan treble winners berkat trofi Liga Champions musim ini. Sebelumnya, mereka telah menjadi juara Liga Inggris dan Piala FA pada musim ini.

Dengan demikian, Manchester City menjadi tim asal Inggris kedua yang pernah melakukan ini. Sebelumnya, Manchester United melakukannya pada musim 1998-1999 silam.

Pencapaian ini bisa dibilang menjengkelkan para fans Manchester United, yang kerap membanggakan diri sebagai satu-satunya tim asal Inggris yang mampu treble. Meski begitu, tentu ini tidak bisa dipukul rata. Tetap saja, melihat rival meraih kesuksesan biasanya adalah hal yang menjengkelkan untuk fans sepakbola.

Sumber: okezone

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan