Bali United FC Klub Sepak Bola Indonesia

Bali United FC Klub Sepak Bola Indonesia (Foto: Tribunnews)

SeputarBola.ID – Pada saat ini Banyak sekali klub sepak bola di Indonesia, salah satunya Bali United FC yang merupakan group atau klub sepak bola yang mampu menjadi kebanggaan Timnas andalan Indonesia saat ini. Klub ini sekarang bermarkas di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Kabupaten Gianyar, provinsi Bali.

Timnas sepak bola ini banyak menghasilkan pemain yang handal dalam bermain sepak bola dari berbagai negara, tentunya dengan perjalanan yang sangat panjang.

Oleh karena itu dalam dunia sepak bola, Bali United telah menjadi salah satu tim yang sangat lama pada bidang sepak bola. Dengan perjalanan dan pengalaman yang menjadikan anak bangsa menjadi pemain-pemain yang handal, tentu klub ini telah menjalankan lika liku sejarah yang panjang.

nah, tentu anda penasaran bukan dengan sejarah klub ini. Anda dapat membaca pembahasan tentang sejarah, prestasi yang di peroleh dan profil pemain serta staf pelatih dari klub sepak bola ini. Berikut ringkasan yang kami hadirkan untuk anda, tentunya dikupas secara singkat dan lengkap.

Sejarah Berdiri Bali United FC

Awal Berdiri

Oleh karena itu, pada awal berdirinya Bali United FC Klub Sepak Bola ini pada tahun 1989-an. Waktu pertama kali berdiri klub ini bernama Persisam ( Persatuan Sepak Bola Indonesia Samarinda ) yang merupakan tim Perserikatan dan Putra Samarinda. Tim ini bermain pada Liga Galatama dan menjadi tim Liga Indonesia sejak kompetisi resmi itu dimulai tahun 1994-an.

Pada saat Putra Samarinda alami kesulitan finansial, saat itu Liga Galatama ( Liga Sepak Bola Utama ) dan Perserikatan digabung menjadi satu kompetisi dan Putra Samarinda dan Persisam didanai APBD Samarinda dan menjadi Persisam Putra Samarinda Pada tahun 2003 yang menggunakan lisensi Putra Samarinda untuk berlaga di Liga Indonesia Pada tahun 2008-an.

Selang beberapa tahun kemudian Timnas sepak bola Persisam Putra Samarinda diambil alih oleh seorang pengusaha yang berasal dari Indoneisa. Pengusaha sukses itu bernama Pieter Tanuri dan pada saat itu Pieter Tanuri berhasil mengubah nama klub sepak bola ini menjadi Bali United FC dengan akuisisi pemain klub asal Samarinda dan Kalimantan Timur.

Pada saat tim ini di pimpinan oleh badan usaha PT. Bali Bintang Sejahtera, oleh karena itu, perlahan lahan timnas sepak bola merangkak untuk meningkatkan kepercayaan diri mereka dan kembali bermain dengan percaya diri.

Pergantian Nama Timnas

Pada saat itu Pieter Tanuri sempat berfikir untuk membuat klub sepak bola ini pada daerah Yogyakarta, hingga mengalami kesulitan finansial oleh karena itu, akhirnya Pieter Tanuri memutuskan untuk membuat markas pada daerah Bali dan mengubah namanya menjadi Bali United FC.

Akhirnya klub olahraga sepak bola ini resmi terbentuk pada tanggal 15 Februari 2015 silam yang dikenal dengan julukan Serdadu Tridatu Jalak Bali atau mereka sering menyebut dengan julukan Siluman.

Pada awal mulai tempat berlatihnya timnas ini terletak pada studio palaran kemudian pindah lokasi ke Stadion Kapten I Wayan Dipta, Kabupaten Gianyar, provinsi Bali, Indonesia.

Pada awalnya, perubahan nama tim sepak bola ini merupakan salah satu nama peserta Liga 1 setelah menjalin kerja sama dengan produsen ban, Corsa Motor Cycle Tire PT. Multistrada. Kemudian, Harbiansyah Hanafiah menjelaskan bahwa mereka bersedia mengubah nama dan bermarkas dpada daerah Bali dan menyerahkan kepemilikan Pusam.

Mereka menganggap Pulau Dewata atau Bali belum ada tim sepak bola yang profesional untuk berlaga pada Liga 1. Menurut Harbiansyah, jika melakukan kerjasama dengan Corsa Motor Cycle dapat menyelamatkan Pusam dari kebangkrutan.

Pada saat pelatih Indra Sjafri pertama kali yang menangain timnas pada saat TSC 2016. Dalam beberapa kali kompetisi tak resmi timnas Bali United FC harus menghuni peringkat ke-12 klasemen akhir.

Namun, Indra Sjafri kemudian hengkang sebagai pelatih Bali United FC pada tahun 2017, karena Indra Sjafri kembali menangani Timnas Indonesia U-19.

Liga 1 Menaikkan Harga Saham Pada Saat Berlaga

Pada saat Liga 1 2017 Bali United FC berkompetisi resmi Indonesia dan menjadi permainan pertama setelah klub ini resmi berganti nama. Pelatih Widodo Cahyono Putro yang memimpin tim in berhasil menjadi runner-up karena kalah head-to-head dari Bhayangkara FC.

Baca Juga:   Marah Diejek Bali Cup, Stefano Cugurra: Tuan Rumah Piala Dunia saja Belum Tentu Juara!

Bali United FC menjadi klub sepak bola pertama pada 17 Juni 2019 yang memiliki saham go public di Asia Tenggara dan kedua di Asia.

Pada saat pembukaan pertama harga saham perusahaan langsung naik 69,14 % ke level Rp.296/saham dari nilai saham pertama Rp.175/lembar hingga klub ini melepas 33,33% miliknya dengan total 2 miliar unit saham. Klub

Harga saham pada pembukaan pertama, perusahaan langsung naik 69,14 % ke level Rp.296/saham dari nilai saham pertaman Rp.175/lembar. klub ini melepas 33,33% miliknya dengan total 2 miliar unit saham. Klub Bali United memperoleh dana mencapai 350 miliar rupiah.

memperoleh dana mencapai 350 miliar rupiah.

Prestasi Yang Diperoleh Pada Saat Berdiri

Berikut prestasi yang diperoleh oleh timnas sepak bola, pada saat awal bermain hingga sekarang. Ada 10 kejuaraan yang didapat pada saat berlaga pada awal tahun 2015 hingga sampai saat ini.

  • Pada saat tahun 2015 menjadi Juara ke 3 pada pertandingan Bali Island Cup 2015
  • Pada saat tahun 2015 menjadi perempatfinal pada pertandingan Piala Presiden 2015
  • tahun 2015 menjadi babak group Piala Jenderal Sudirman 2015
  • Pada saat 2016 menjadi juara ke 3 pada pertandingan turnamen Bali Island Cup 2016
  • Pada saat tahun 2016 menjadi juara ke 4 pada pertandingan Piala Bhayangkara 2016
  • tahun 2016 peringkat ke 12 pada pertandingan Indonesia Soccer Championship A
  • Pada saat tahun 2017 timnas Bali United menjadi juara ke 2 pada pertandingan Liga 1 2017
  • tahun 2018 menjadi juara ke 2 pada pertandingan Piala Presiden 2018
  • Pada saat tahun 2018 menjadi juara ke 2
  • Pada saat tahun 2019 timnas Bali United menjadi juara Liga 1 2019

Profil Tim Pemain Pada Saat Ini

Pemain Utama Pada Saat Ini

Berikut nama dan posisi pemain pada saat berlaga di liga 1, serta posisi dan nomor pemain. Jumlah pemain saat ini sekitar 31 pemain utama.

No Pos Pemain
1 GK Nadeo Argawinata
4 MF Arapenta Poerba
6 MF Brwa Nouri
7 FW Melvin Platje
8 MF Muhammad Taufiq
9 FW IIija Spasojevic
10 FW Lerby Eliandry
11 MF Yabes Roni
13 DF Gunawan Dwi Cahyo
14 MF Fadil Sausu ( Kapten )
15 DF Gavin Kwan Adsit
16 MF Hariono
18 NF I Kadek Agung Widnyana
20 MF Sidik Saimima
21 GK Rakasurya Handika
22 DF Dias Angga Putra
23 MF Fahmi Al-Ayyubi
24 DF Ricky Fajrin
27 DF Agus Nova Wiantara
28 MF Rian Firmansyah
32 DF Leonard Tupamahu
33 DF I Made Andika Wijaya
25 DF Haudi Abdillah
43 DF Willian Pacheco
59 GK Wawan Hendrawan
77 FW Muhammad Rahmat
80 MF Paulo Sergio
85 DF Michael Orah
87 MF Stefano Lilipaly
93 GK Samuel Reimas
99 DF Anan Lestaluhu
Baca Juga:   Tepat di Depan Wasit, Momen 'Handball' di Laga Persib vs Bali United Jadi Sorotan

Pelatih Liga 1 Pada Saat Ini

Berikut nama pelatih dan para staf yang berperan penting dalam keberhasilan para pemain sepak bola Indonesia. Jumlah pelatih saat ini beserta asisten pelatih sekitar 6 pelatih dengan posisi masing-masing.

Nama Posisi
Yabes Tanuri Manajer
Stefano Cugurra Pelatih Kepala
Eko Purjuanto Asisten Pelatih
I made Pasek Wijaya Asisten Pelatih
Andy Petterson Pelatih Penjaga Gawang
Rony Azani Pelatih Kebugaran
Yogi M. Nugraha Pelatih Fisik
I Putu Gede Surya Adhitya Fisioterapis
Luh Virsa Paradissa Tim Dokter
Sutisna Terapis

Manajemen Timnas Pada Saat Ini

Berikut manajemen timnas sepak bola dari awal hingga pada saat berganti pimpinan hingga sampai sekarang.

Tanggal Nama Catatan
21 Desember 2014 – 31 Januari 2017 Indra Sjafri Melatih Indonesia U-19
15 Februari 2017 – 26 April 2017 Hans-Petter Schaller Dipecat
26 April 2017- 10 Mei 2017 Eko Purjianto Pelatih Sementara
10 Mei 2017 – 29 November 2018 Widodo Cahyono Putro Mengundurkan Diri
29 November 2018 – 14 Januari 2019 Eko Purjianto Interim
14 Januari 2019 – Sekarang Stefano Cugurra Teco Pelatih

Kesimpulan

tulah sejarah dari timnas sepak bola Bali United FC dari awal berdiri hingga sekarang dan menjadi salah satu kebanggaan bagi bangsa indonesia. Perjalanan ini tentu tidak mudah dianggap tidak mudah, tetapi tim ini mampu bertahan sampai saat ini dan menjadikan tim sepak bola andalan bagi Tanah Air Indonesia.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan