Asnawi Mangkualam tak bisa tampil di semifinal melawan Thailand lantaran akumulasi kartu kuning yang didapatkan, posisinya kemungkinan besar akan diisi oleh Rio Fahmi.

Diktuip dari suara, dua kartu kuning yang diperoleh Asnawi Mangkualam di penyisihan grup membuat pemain Ansan Greeners itu harus menepi saat laga semifinal.

Dua kartu kuning yang didapatkan oleh Asnawi Mangkualam terjadi saat babak penyisihan grup A Sea Games 2021, ia mendapat kartu kuning pertama lawan Filipina, kedua lawan Myanmar.

Dengan dua kartu kuning yang diperolehnya, Asnawi Mangkualam dipastikan tak bisa membela Timnas Indonesia U-23 untuk tampil melawan Thailand di semifinal Sea Games 2021.

Pasalnya, apabila merujuk pada AFC Disciplinary and Ethic Code, ada regulasi yang mengatur tentang akumulasi perolehan kartu kuning untuk seorang pemain.

Dalam aturannya, memang ada pasal yang mengatur tentang pemutihan perolehan kartu. Namun, hal ini hanya berlaku bagi pemain yang baru menerima satu kartu kuning.

Dengan demikian, satu kartu kuning tersebut akan diputihkan apabila tim yang bersangkutan lolos ke babak semifinal.

Merujuk pada aturan ini, jelas hanya pemain yang memperoleh satu kartu kuning saja yang bisa mendapatkan pemutihan.

Baca Juga:   Asnawi Mangkualam Banjir Pujian Lawan Argentina, Shin Tae-yong: Jika Ada 5 Pemain Sepertinya Indonesia Naik...

Sedangkan Asnawi Mangkualam mengoleksi dua kartu kuning saat babak penyisihan grup, dengan begitu pemain Ansan Greeners tersebut tak bisa mendapatkan pemutihan.

Asnawi Mangkualam harus duduk di bangku cadangan dalam laga melawan Thailand, sedangkan penggantinya adalah Rio Fahmi yang menjadi pemain pelapis satu-satunya di sektor bek kanan.

Hal serupa pernah dialami oleh Timnas Indonesia U-23 sebelumnya saat itu skuad Garuda Muda bermain di ajang Sea Games 2021 di Malaysia, saat itu Evan Dimas dkk berhasil lolos ke semifinal.

Namun sayangnya beberapa pemain Timnas Indonesia harus absen di babak semifinal, saat itu Marinus Manewar, Hansamu Yama dan Hargianto mengoleksi dua kartu kuning.

Jelas pemain tersebut tak bisa tampil di semifinal karena tak masuk dalam persyaratan pemutihan yang sesuai dengan regulasi Football Technical Handbook SEA Games 2017.

Dipantau melalui sosial media, warganet mulai pesimis dengan Rio Fahmi untuk tampil melawan Thailand, pemain tersebut dirasa belum cukup kuat untuk menghadapi tim sehebat Thailand.

(Editor/Yusril Fahmi)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan