SHIN Tae-yong dibantu 4 pesepakbola muda luar biasa demi mencetak 3 sejarah gila bareng Timnas Indonesia? Sebanyak 4 pesepakbola muda luar biasa yang dimaksud adalah Marselino Ferdinan, Rafael Struick, Ivar Jenner dan Elkan Baggott.

Marselino Ferdinan dan kawan-kawan saat ini berkarier di Eropa. Elkan Baggott membela Ipswich Town, Marselino Ferdinan (KMSK Deinze), Rafael Struick (ADO Den Haag) dan Ivar Jenner (FC Utrecht).

Berlatih bersama klub-klub top Eropa merupakan keuntungan bagi nama-nama di atas. Tempaan keras dari klub masing-masing membuat level permainan mereka diprediksi bakal lebih cepat meningkat ketimbang personel Timnas Indonesia yang berkarier di Liga 1 2023-2024.

Karena itu, kontribusi Ivar Jenner dan kawan-kawan sangat dibutuhkan untuk mendongkrak prestasi Timnas Indonesia. Kontribusi mereka bisa dimulai saat Timnas Indonesia U-23 ambil bagian di Grup G Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 di Stadion Manahan Solo pada 6-12 September 2023.

Benar, Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 bukanlah agenda resmi FIFA sehingga klub Marselino Ferdinan dan kawan-kawan tak berhak melepas sang pemain ke Timnas Indonesia U-23. Akan tetapi, karena Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 berbarengan dengan FIFA Matchday September 2023, kondisinya berbeda.

Baca Juga:   Disudutkan Tak Mau Hentikan Liga, Ini Jawaban Tegas Ketua Umum PSSI

Bantuan Ivar Jenner serta kolega bisa membantu Timnas Indonesia U-23 menumbangkan dua lawan mereka di Grup G, yakni Turkmenistan dan Taiwan. Jika itu terjadi, Timnas Indonesia U-23 akan lolos ke Piala Asia U-23 2024 sekaligus mencetak sejarah.

Pertama kalinya dalam sejarah, Timnas Indonesia U-23 lolos ke Piala Asia U-23, semenjak turnamen ini digelar pada 2013. Selain itu, sejarah kedua juga dicetak Shin Tae-yong. Shin Tae-yong bakal menjadi pelatih pertama yang membawa tiga level Timnas Indonesia tampil di Piala Asia, yakni U-20, U-23 dan senior.

Lantas, apa sejarah ketiga yang dicetak Shin Tae-yong? Sejarah itu bisa tercipta di Piala Asia 2023 yang dilangsungkan di Qatar pada Januari-Februari 2024.

Andai Timnas Indonesia lolos ke 16 besar, skuad Garuda mencetak sejarah, yakni untuk pertama kalinya lolos ke fase gugur ajang empat tahunan tersebut. Jadi, akankah Shin Tae-yong mencetak tiga sejarah sekaligus dalam rentang enam bulan ke depan? Menarik untuk dinantikan.

Sumber: Okezone

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan