News  

Hem, Pelatih Thailand Kasih Bocoran Cara Memajukan Timnas Indonesia

Source: AFF
Source: AFF

Pelatih legendaris asal Thailand, Witthaya Laohakul, menyarankan Indonesia untuk merekrut seorang direktur teknik dari negara dengan tradisi sepak bola maju.

Baju Timnas Original

Menurutnya, hal tersebut akan mengangkat prestasi persepakbolaan Indonesia Ini masa yang akan datang.

Direktur Teknik tersebut kemudian didaulat sebagai penasihat untuk mengembangkan persepakbolaan Tanah Air.

Witthaya Laohakul mengatakan, kualitas pelatih bukan penentu utama tingkat kesuksesan persepakbolaan suatu negara. Dia berpandangan, pelatih hebat akan terbuang percuma apabila tidak didukung dengan kualitas pemain yang mumpuni.

Baca Juga:   Masa Depan Cerah! Dua Pemain Timnas Indonesia U-19 Diincar Pencari Bakat Klub Eropa Usai Tampil Apik di Toulon Cup

Sebagaimana diketahui, prestasi sepakbola Indonesia dan Vietnam membaik di bawah pelatih asal Korea Selatan. Namun, Witthaya Laohakul meyakini prestasi Indonesia dan Vietnam bakal lebih baik jika Direktur Teknik dari negara top dunia ikut andil di dalam federasi.

Menurutnya, siapapun yang menjadi pelatih akan tetap membutuhkan kualitas pemain jempolan untuk mendukung taktik dan strategi yang diterapkan.

Baca Juga:   Marselino Cedera, Timnas Indonesia Tak Berkutik Hadapi Thailand

“Masalahnya bukan pada pelatih Korea atau Jepang, tetapi pada kualitas dan pola pikir pemain. Pelatih bagus juga membutuhkan pemain yang bagus,” kata Witthaya Laohakul, Kamis (28/7/2022),

Pria yang kini menjabat sebagai Direktur Teknik Chonburi FC itu menegaskan, kehadiran seorang direktur teknik akan menopang prestasi sepak bola suatu negara sesuai dengan yang diharapkan.