Ada darah keturunan raja, Jordi Amat mendapatkan sorotan media inggris. Sang pemain Timnas Indonesia memiliki darah keturunan dari Raja Siau, Sulawesi Utara.

Pada November 2022, Jordi Amat resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Sejak saat itu, dia telah menjadi andalan skuad Garuda – julukan Timnas Indonesia – di berbagai ajang, seperti Piala AFF 2022 dan FIFA Matchday.

Jordi Amat, yang memiliki darah Spanyol, dinaturalisasi karena memiliki darah Indonesia. Uniknya, darah Indonesia itu didapatkan dari Raja Siau yang bermukim di Sulawesi Utara.

Hal ini menjadi perhatian media Inggris, Team Talk. Sebab, Inggris dan Spanyol merupakan negara kerajaan. Namun demikian, mantan bek Swansea City dan Real Betis ini mengklarifikasi bahwa itu tidak sama dengan darah orang-orang kerajaan di Spanyol atau Inggris.

“Nenek saya bercerita ketika saya masih kecil bahwa saya adalah putra mahkota suatu daerah di Indonesia,” kata Jordi Amat kepada Team Talk.

Baca Juga:   Tidak Kunjung Bermain Sesuai Harapan, Egy diputus Kontrak oleh FC ViOn Zlate Moravce

Dia mengaku bangga dengan darah Indonesia tersebut. Namun, darah bangsawan dari Kerajaan Siau tersebut tidak bisa disamakan dengan Kerajaan Inggris atau Spanyol.

“Maksud saya, jangan bandingkan saya dengan pangeran dan raja di Spanyol atau Inggris. Tidak sama sekali, saya tidak benar-benar tahu fungsinya dan apa itu semua, tapi itu akan selalu membantu orang-orang dengan cara tertentu, membawa sepakbola ke pulau-pulau itu,” tandasnya.

Bek tengah yang kini membela klub Malaysia, Johor Darul Tazim, itu kemudian bercerita tentang betapa indahnya Indonesia. Dia mengaku mengagumi pulau-pulau indah dan betapa fanatiknya penikmat sepakbola Indonesia.

Baca Juga:   Shin Tae-yong Beri Ancaman Balik ke Pelatih Filipina

“Pulau-pulau sangat indah di sana, itulah yang mereka katakan kepada saya. Mereka memiliki gunung berapi yang meletus setiap hari dan air jernih. Ini adalah pulau yang benar-benar tak tersentuh,” kata Amat.

“Luar biasa, orang-orangnya ‘gila’ terhadap sepakbola. Itu bagaikan agama. Semua ladang di Indonesia sudah penuh,” tambahnya.

Sumber: okezone.com

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan