Klub raksasa asal Jerman, Bayern Munich rupanya memiliki talenta Indonesia yang sebelumnya tidak masuk radar timnas Indonesia.

Namanya David Jonathans, penyerang muda Belanda yang memiliki paspor Luksemburg dan membela tim nasionalnya.

Jonathans pertama kali ditemukan oleh akun Instagram yang gemar mengoleksi database pemain blasteran Indonesia, @footballtalentnesia.

Akun ini memiliki banyak jaringan di Eropa dan merupakan salah satu yang pertama menemukan banyak pemain keturunan Indonesia dari negara lain, terutama di Belanda.

Sebut saja Kai Boham, Max Christoffel, dan Jim Croque yang saat ini tengah melakukan seleksi bersama timnas Indonesia U-19 demi dinilai kelayakannya untuk naturalisasi.

Baca Juga:   Mantap, Line Up Timnas vs Curacao Diprediksi Semakin Gagah Dengan Kehadiran Jordi Amat dan Sandy Walsh

Menurut bocoran dari @footballtalentnesia, Jonathan memiliki berdarah Indonesia dari sang ayah.

Belum diketahui persis di mana David Jonathan dilahirkan, tetapi jelas bahwa ia dibesarkan di Luksemburg dan berlatih sepak bola di sebuah klub bernama Swift Hesperange.

Baru pada Juli 2020 ia pindah ke Akademi FC Bayern Munich. Saat ini, remaja berusia 18 tahun tersebut berada di tim U-19 tim raksasa asal Jerman tersebut.

Meski Luksemburg hanya negara kecil yang wilayahnya diapit tiga raksasa sepak bola yakni Belgia, Prancis, dan Jerman, namun Jonathan tetap mau membela timnasnya.

Baca Juga:   Netizen Sudah Pesimis, Marselino Tegaskan Timnya Bisa Lolos Semifinal Piala AFF U-19 Asal Bekerja Keras

Bahkan namanya sudah masuk dalam sistem D’Roud Léiwen sejak level U-15 dan kini ia bersama Luksemburg U-19 dimana status pemain reguler dimilikinya.

Meski sumber daya manusia dan luas tanahnya yang jauh sekali jika dibandingkan dengan Indonesia, namun sang pemain tetap ingin membela Luksemburg.

Luksemburg saat ini merupakan negara yang cukup baik dengan menempati peringkat 93 FIFA (per Juni 2022).

Luksemburg tidak pernah bermain di final turnamen papan atas seperti EURO atau Piala Dunia, namun secara kualitas pemain memang lebih bagus dibandingkan tim nasional Indonesia.

Baca Juga:   Wajah STY Melihat Drawing Piala Asia 2023, Netizen: Senyumannya Nampak Mengkhawatirkan

Belum jelas apakah Jonathan suatu hari nanti akan membela negara ayahnya yaitu Indonesia di panggung internasional, tetapi peluangnya tampaknya cukup kecil.

Dengan bermain di Bayern Munich sudah menunjukkan bahwa kualitas sang pemain memang baik dan tim asal Jerman tersebut seringkali memberi kesempatan kepada para pemain mudanya.

Beberapa pemain muda diorbitkan oleh Bayern Munich untuk bergabung dengan tim utama apabila kualitasnya memang bagus.

(Editor/Yusril Fahmi)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan