Hasani Abdulgani selaku Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Hasani Abdulgani mengungkapkan Shin Tae-yong hanya punya dua dukungan dari anggota Exco PSSI untuk ia tetap di timnas senior Indonesia.

Dua anggota Exco telah sepakat bahwa Shin Tae-yong akan secara bersamaan mengawal timnas U19 dalam persiapan Piala Dunia U20 2023 dan timnas senior Indonesia.

Namun, Hasani Abdulgani enggan menyebut nama dua anggota Exco PSSI yang mendukung Shin Tae-yong untuk tetap latih timnas senior itu.

Sisa 10 Exco PSSI sepakat Shin Tae-yong harus fokus hanya di timnas U19 yang sebentar lagi akan mengikuti Piala Dunia U-20.

Dengan 10 dari 12 anggota Exco PSSI setuju, keputusan bulat pada pertemuan Exco PSSI minggu ini adalah bahwa Shin Tae-yong harus fokus hanya pada tim nasional U19.

“Mayoritas ya [ingin Shin Tae Yong hanya melatih Timnas U-19]. Biar lebih fokus saja. Ada dua Exco maunya STY pegang U-20 dan senior,” kata Hasani kepada CNNIndonesia.com pada Sabtu (11/6) siang.

Adapun 12 nama Exco PSSI adalah Yoyok Sukawi, Juni Rahman, Dirk Soplanit, Haruna Soemitro, Hasnuryadi Sulaiman, Pieter Tanuri, Ahmad Riyadh, Vivin Cahyani, Endri Erawan, Sonhadji, dan Hasani Abdulgani.

Isu Shin kesulitan mengakomodir tiga kategori usia Timnas Indonesia: senior, U23, dan U19 pertama kali dilontarkan Presiden PSSI, Mochamad Iriawan.

Dia mengklaim bahwa Shin Tae-yong sendiri yang kewalahan dengan pekerjaan itu.

Oleh karena itu, topik ini diangkat dalam sesi Exco. Menurut Hasani, pertemuan berjalan lancar, dan disimpulkan bahwa Shin perlu fokus pada satu grup timnas Indonesia: senior atau U19.

Namun, keputusan rapat Exco PSSI belum final. Shin Tae-yong berhak untuk menolak atau menyetujui karena apa yang telah dilakukannya selama ini berkekuatan hukum dan berdasarkan kontak pekerjaan.

Sementara itu, Haruna Soemitro, salah satu anggota Exco PSSI, membenarkan bahwa suara sudah bulat soal Shin Tae-yong

Pelatih asal Korea Selatan ini akan didorong untuk fokus menangani Garuda Muda yang akan tampil di Piala Dunia U-20 2023.

“Semua tergantung STY, karena saat mulai kontrak STY sendiri yang minta menangani semua tim U-19, U-23 dan senior,” kata Haruna ke CNN Indonesia.com.

(Editor/Yusril Fahmi)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan