Timnas Indonesia berhasil raih medali perunggu di Sea Games 2021 usai kalahkan Malaysia di perebutan juara ketiga, dengan 14 pemain yang ada, skuad Garuda Muda berjuang sekuat tenaga.

Timnas Indonesia sempat memimpin laga terlebih dahulu di menit ke 69 berkat gol dari Ronaldo Kwateh, kerjasama antar pemain terjalin dengan baik di lini depan dan berbuah 1 gol.

Namun, Timnas Malaysia berhasil menyamakan kedudukan berkat bola pantul dari Rizky Ridho, bola deflectnya membuat Ernando Ari kesulitan menghalaunya dan akhirnya masuk ke gawang.

Laga dilanjutkan ke babak penalti, Marc Klok yang jadi eksekutor terakhir mampu menuntaskan pekerjaannya dengan baik dan berujung medali perunggu untuk Timnas Indonesia.

Selama dilatih oleh Shin Tae-yong, Marc Klok terkesima dengan ide gila sang pelatih asal Korea Selatan itu saat melatih skuad Garuda Muda.

Sang pelatih tersebut direkrut oleh PSSI pada akhir 2019, kedatangannya sudah merubah banyak hal termasuk peringkat sang Merah Putih di FIFA dan berhasil runner up di Piala AFF 2020.

Sentuhan berbeda dari Shin Tae Yong itu juga dirasakan Marc Klok yang baru memperkuat Timnas Indonesia pada SEA Games 2021.

“Coach Shin punya mindset berbeda dari orang [pelatih] Indonesia, punya disiplin sangat kuat,” ujar Klok dikutip dari YouTube PSSI.

“Dan saya sangat suka itu,” ucap Klok menambahkan.

Di mata pemain berdarah Belanda itu prinsip kepelatihan Shin Tae Yong bisa memberikan dampak besar bagi Tim Merah Putih.

Hanya saja perlu mendapatkan dorongan lewat kemauan keras dari pemain itu sendiri.

“Kalau pemain sudah ada di zona nyaman, biasanya tidak ingin meningkatkan dirinya sendiri,” tutur Klok.

“Saya pikir dengan style ini dengan filosofi [Shin Tae Yong] kita keluar dari zona nyaman,”

“…dan kita belajar dalam setiap latihan dan pertandingan untuk memperbaiki kualitas kita,” kata gelandang Persib Bandung itu.

Sudah lakoni dua turnamen bersama Timnas Indonesia, Shin Tae-yong berhasil memberi runner up di Piala AFF 2020 dan perunggu di Sea Games 2021, keduanya kalah saat lawan Thailand.

(Editor/Yusril Fahmi)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan