Nova Arianto selaku asisten pelatih Timnas Indonesia U-23 di Sea Games 2021 mengaku muak dengan fasilitas yang diberi oleh panitia, disisi lain Vietnam mendapatkan fasilitas yang sangat layak.

Sea Games 2021 cabang olahraga sepak bola semakin menarik untuk diikuti meski belum mulai, dan laga perdana Timnas Indonesia langsung bertemu lawan berat yaitu sang tuan rumah Vietnam.

Jelang bertemu Vietnam, Nova Arianto mengeluh tempat latihan Timnas Indonesia sangat tidak layak bahkan tak masuk dalam standard FIFA karena ukurannya yang kecil.

Dikutip SerangNews.com dari instagram story akun @novarianto30 yang diunggah pada Kamis, 5 Mei 2020.

Legenda sepak bola Indonesia itu menyatakan bahwa lapangan untuk tempat latihan Timnas Indonesia sangat banyak kurangnya mulai dari ukuran hingga penerangan.

“H-1 match terkadang dalam melakukan persiapan pertandingan akan banyak gangguan, termasuk lapangan latiha yanh diberikan oleh panitia hari ini berukuran 80 x 40 m dan lampu seadanya,” ujar Nova.

Dalam postingannya melalui Instagram, ia menyebutkan bahwa lapangan yang digunakan untuk latihan Timnas Indonesia hanya berukuran 80 x 40 meter.

Sedangkan ukuran lapangan yang biasa diadopsi PSSI adalah panjang 90-120 dan lebar 45-90.

Sementara itu standar yang diberlakukan oleh FIFA atau AFC adalah panjang 100-110 dan lebar 64-75.

Tak hanya itu, lapangan yang digunakan Timnas Indonesia untuk berlatih juga minim penerangan dan mempersulit skuad Garuda untuk berlatih maksimal, Shin Tae-yong sendiri sudah menduga.

Tentu dengan ketidak becusan panitia dalam mengatur ini akan mempengaruhi mental para pemain, Nova berharap hal ini tak mengganggu permainan Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan.

“… Jangan pernah kalah MENTAL boys, tunjukan kalian punya MENTAL lebih kuat untuk memenangkan pertandingan besok,” imbuh Nova.

Pertandingan pembuka SEA Games cabor sepak bola akan berlangsung besok, Jum’at 6 Mei 2022 di Viet Tri Stadium Phu Tho, Vietnam.

Di pertandingan pembuka, akan mempertemukan juara bertahan sekaligus tuan rumah Vietnam U-23 melawan Indonesia U-23, pukul 19.00 WIB.

Dalam laga tersebut, Asnawi Mangkualam dan Elkan Baggott dipastikan tak bisa membela Timnas Indonesia lantaran masih bersama klubnya.

(Editor/Yusril Fahmi)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan