15 tahun sudah Timnas Indonesia absen di Piala Asia, terakhir berpartisipasi pada tahun 2007 hingga kini skuad Garuda kesulitan untuk kembali bertanding di kompetisi tersebut.

Pada tahun 2007, Timnas Indonesia bersama Malaysiaa, Thailand dan Vietnam menjadi tuan rumah sehingga berkah lolos ke putaran final Piala Asia di tahun itu.

Timnas Indonesia sepanjang sejarah hanya bisa masuk Piala Asia sebanyak 4 kali, dimulai dari tahun 1996, 2000, 2004 lalu yang terakhir 2007 dikarenakan tuan rumah.

Kesempatan datang kembali, Kualifikasi Piala Asia 2023 akan segera dilaksanakan, Timnas Indonesia tinggal melewati Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023.

Namun tak semudah itu, lantaran Timnas Indonesia masuk ke Grup A yang disebut-sebut sebagai grup neraka, skuad Garuda satu grup dengan Yordania, Kuwait, dan Nepal.

Meski begitu, Mochamad Iriawan yakin bahwa Timnas Indonesia mampu bersaing di Grup A Kualifikasi Piala Asia, pria yang biasa disebut Iwan Bule itu meminta skuad Garuda berjuang dengan maksimal.

“Kami yakin dapat bersaing di Grup A meski lawan yang kami hadapi bukan lawan-lawan yang enteng,” kata Iriawan dinukil dari laman PSSI.

“Pemain harus bekerja keras, fokus, dan berjuang demi lolos ke Piala Asia 2023 di China. Apalagi Timnas Indonesia sudah lama tidak lolos ke putaran final,” jelasnya.

Perlu diketahui, Timnas Yordania masuk dalam 100 besar ranking FIFA, sedangkan Kuwait akan menjadi tuan rumah, untuk Nepal skuad Garuda diyakini mampu cukup mudah untuk mengalahkannya.

8-14 Juni 2022 akan menjadi tanggal digelarnya Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023, setiap tim akan bertanding untuk memperebutkan juara grup dan lima runner up agar bisa lolos ke putaran final di China.

Baca Juga:   Shin Tae-yong Minta Fasilitas ke PSSI Mulai dari Sepatu Bola sampai Jet Private

Skuad Garuda sendiri akan mengawali laga melawan sang tuan rumah yaitu Kuwait pada tanggal 8 Juni 2022, setelah itu pada tanggal 11 Juni Timnas Indonesia akan melawan Yordania.

Laga penutup Timnas Indonesia akan melawan Nepal pada tanggal 14 Juni 2022, nampaknya skuad Garuda akan melawan tim-tim sulit terlebih dahulu.

Piala Asia 2023 akan diputar di China pada 16 Juni-16 Juli 2023. Sebanyak 24 peserta termasuk tuan rumah bakal menjadi peserta.

(Editor/Gamin Min)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan