Liga 1  

PSS Sleman: Pemain,Sejarah, Profil, Logo dan Prestasi

PSS Sleman Logo
PSS Sleman Logo

SeputarBola.ID – Penasaran dengan PSS Sleman rasanya tidak afdol jika kita tidak membacanya dengan lengkap. Berikut PS Sleman : Sejarah, Profil, Logo, PSS Sleman Pemain dan Prestasi secara singkat namun lengkap.

PS Sleman adalah klub sepak bola dari Yogyakarta. Anda dapat menemukan banyak informasi pada halaman ini. Kami akan menjelaskan secara singkat namun detail tentang Persatuan Sepak bola Sleman.

Persatuan Sepak Bola Sleman (PSS) adalah sebuah tim sepak bola yang berbasis Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Tim yang berdiri pada 20 Mei 1976 ini merupakan salah satu tim sepak bola yang orang hormati dari Indonesia dan memiliki julukan tim Super Elang Jawa atau Super Elja.

Jadi kalau mau merayakan ulang tahun bersama Persatuan sepak bola Sleman, itu tanggal 20 Mei 1976.

Baca Juga:   Kecewa Tersingkir di Piala Presiden 2022, Pelatih Persib Soroti dan Perbaiki Kekurangan Para Pemainnya Ini

PSS Sleman

PS Sleman atau PSS Sleman butuh waktu 24 tahun untuk bisa bermain di divisi teratas sepakbola Indonesia. Pada tahun 2000, PS ini akhirnya mewujudkan mimpinya untuk bergabung dengan tim elit Indonesia di Divisi Utama (divisi pertama sebelum restrukturisasi Liga Super Indonesia).

Selama 2000-2006, PS ini berhasil mengamankan posisinya di divisi utama. Tempat keempat pada musim 2003 dan 2004 serta semifinalis Piala Indonesia 2005 merupakan pencapaian terbaik yang meraih selama periode tersebut. Sekitar tahun 2006, gempa bumi besar melanda Daerah Istimewa Yogyakarta dan hal ini membuat pelatihan serta pertandingan terhenti.

Pada tahun 2007 menjadi salah satu tonggak pesepak bola sejarah PSS Sleman hari ini. Pada tahun itu, mulai menggunakan stadion baru, yaitu Stadion Maguwoharjo sebagai venue Super Elang Jawa.

Baca Juga:   Akhiri Piala Presiden 2022 Lebih Cepat, Dokter Persib Bandung Buka Suara Mengenai Keadaan Ciro dan Igbonefo

Sejarah PSS Sleman

Sudarsono KH lahir pada tanggal 5 Oktober 1945. Beliau adalah salah satu dari lima pendiri PS Sleman. Mereka adalah Sudarsono KH, H. Suryo Saryono, Sugiyarto SY, Hartadi dan Subardi. Dari lima pendiri, hanya Sudarsono KH yang tetap setia pada dunia sepak bola.

Rumah Sudarsono KH pada Rogoyudan berfungsi sebagai kantor . Itulah para pemain bertemu dan sebelum dan sesudah pertandingan. Hingga istrinya ikut mencuci pakaian para pemain, menyiapkan minuman dan makanan ringan pada waktu rapat, menyiapkan minuman dan makanan untuk para pemain setelah setiap pertandingan.

Persatuan Sepak Bola Sleman lahir pada hari Kamis 20 Mei 1976. Kelahiran PS Sleman ini pada masa kepemimpinan Bupati Drs KRT Suyoto Projosuyoto.

Baca Juga:   Tampil Apik di Timnas Indonesia, Marc Klok Diberi Hadiah Spesial oleh Persib Bandung

PS Sleman berdiri pada awalnya hanya mereka yang senang dengan sepakbola. Dengan sepak bola mereka yakin akan menambah teman, menambah persaudaraan dan tentunya secara otomatis menambah persatuan dan kesatuan masyarakat Kabupaten Sleman.

Latar belakang lahirnya Persatuan Sepak bola Sleman adalah saat itu pada Daerah Istimewa Yogyakarta hanya ada dua serikat, yaitu PSIM Yogyakarta dan Persiba Bantul.

Keinginan kuat masyarakat Kabupaten Sleman untuk memiliki serikat klub sepak bola akhirnya mulai terwujud dengan adanya informasi yang disampaikan oleh Komda PSSI DIY saat itu (Prof. Dr. Sardjono) yang menyatakan bahwa syarat untuk membentuk serikat pekerja sepak bola harus ada. setidaknya lima klub.