Media Vietnam ketakutan Timnas Indonesia berpotensi diperkuat lima pemain naturalisasi tambahan di Piala Asia 2023. Timnas Indonesia dan Vietnam berada dalam grup yang sama di Piala Asia 2023 mendatang.

Undian babak grup Piala Asia 2023 telah dilaksanakan pada 11 Mei 2023 lalu. Diketahui, Timnas Indonesia berada dalam Grup D bersama Vietnam, Jepang, dan Irak.

Menjelang turnamen, Timnas Indonesia terus mempersiapkan diri dalam berbagai aspek. Selain laga FIFA Matchday 2023 menghadapi Palestina dan Argentina, Timnas Indonesia memanggil sejumlah pemain keturunan yang telah menyelesaikan naturalisasi.

Ivar Jenner dan Rafael Struick sudah menyelesaikan naturalisasi dan berpotensi tampil di FIFA Matchday Juni 2023. Namun, masih ada Cyrus Margono yang akan menyelesaikan proses naturalisasinya dalam waktu dekat.

Selain itu, Hamdan Hamedan juga mengungkap kemungkinan menaturalisasi Ragnar Oeratmangoen dan Million Manhoef. Ada pula Jordy Wahermann dan Jay Idzes yang bisa dinaturalisasi.

Media Vietnam, Soha.vn, melaporkan situasi ini dengan menyoroti rekor pertemuan kedua negara. Dalam enam pertemuan terakhir, Garuda – julukan Timnas Indonesia – gagal mengalahkan Timnas Vietnam dengan kalah tiga kali dan imbang tiga kali.

Baca Juga:   Tuai Kontroversi! Inilah yang Dilakukan PSSI Soal Karier Shin Tae-yong Jika Gagal di Kualifikasi Piala Asia 2023

Selain itu, mereka pun mengakui bahwa Timnas Indonesia akan memiliki banyak keuntungan karena naturalisasi pemain keturunan. Media Vietnam itu juga mengakui tim asuhan Shin Tae-yong telah menjadi lebih baik di bawah asuhan pelatih asal Korea Selatan tersebut.

“Selagi Timnas Vietnam perlahan-lahan terbiasa dengan pelatih baru [Philippe] Troussier dengan gaya bermain baru, menjelang Piala Asia, Timnas Indonesia punya banyak keuntungan,” kata media Vietnam, Soha.vn.

Baca Juga:   Media Vietnam Prihatin Lihat Kondisi Timnas Indonesia U-23 Jelang Final Piala AFF U-23 2023

“Mereka bermain dengan semakin baik di bawah asuhan Shin Tae-yong. Para pemain muda Indonesia juga punya kualitas tinggi, yang mana menjadi sumber yang sangat baik untuk Timnas Indonesia. Selain itu, Indonesia masih aktif menaturalisasi pemain keturunan,” tambah media tersebut.

Piala Asia 2023 sendiri akan dihelat di Qatar pada 12 Januari hingga 10 Februari 2024 mendatang. Laga Timnas Indonesia vs Vietnam akan dimainkan pada matchday kedua fase grup pada 19 Januari 2024.

Sumber: okezone

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan