Timnas Indonesia gerak cepat memperbaiki skuadnya usai untuk Kualifikasi Piala Asia 2023, dalam kompetisi tersebut Indonesia masuk grup A berhadapan dengan Yodania, Kuwait dan Nepal.

Berada di pot 3 membuat Indonesia masih unggul dari Nepal secara rank FIFA, namun Nepal juga tidak bisa dianggap remeh oleh skuad Garuda.

Fokus perbaiki komposisi pemain, PSSI dan Shin Tae-yong kompak untuk mencari para pemain berkualitas termasuk pemain asing.

Tercatat sudah ada tiga pemain keturunan yang akan dinaturalisasi Indonesia dan 1 tambahannya masih dalam tahap diskusi.

3 Pemain yang sudah pasti adalah Shayne Pattynama, Jordi Amat dan Sandy Walsh, sedangkan satu pemain naturalisasi antara Emil Audero atau Jordi Wehrmann.

Baca Juga:   Dibocorkan Rachmat Irianto, Inilah yang Dilakukan Shin Tae-yong di Ruang Ganti Sebelum Babak Kedua

“Rabu malam besok waktu Eropah atau Kamis pagi waktu Indonesia kolega (agen) kami sudah punya janjian dinner bersama manager dan Pemain yang diminati oleh coach Shin Tae Yong.”

“Siapakah diantara Emil Audero Mulyadi dan Jordi Wehrmann yang menjadi pemain keturunan ke 4 Timnas?” tulis Hasani di Instagram.

Shayne Pattynama diumumkan langsung oleh Hasani Abdulgani selaku Exco PSSI, melalui Instagram pak Hasani Shayne Patyynama dikabarkan siap membela Timnas Indonesia.

“Shayne Pattynama pemain asal Belanda, sekarang bermain di klub Viking FK (Liga 1 Norwegia). Ayahnya lahir di Semarang.”

Baca Juga:   Disudutkan Tak Mau Hentikan Liga, Ini Jawaban Tegas Ketua Umum PSSI

“Pattynama sudah mengirim surat pernyataan bersedia bermain untuk Timnas serta dokumen pendukung lainnya. Welcome to the board.” tulis Hasani Abdulgani melalui Instagramnya.

Mengenai Jordi Amat, mantan pemain Timnas Spanyol kategori usia tersebut juga akan membela Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023.

“Setelah meeting secara marathon dua hari berturut. Federasi menyimpulkan proses naturalisasi Jordi Amat tidak ada kendala dan akan diteruskan.”

“Jordi tetap dibolehkan untuk membela Timnas karena tidak bertentangan dengan amandemen baru tentang article. 9.2. (Perpindahan Federasi di dalam Regulations Governing the Application of the Statutes di Statuta FIFA 2020).”

Pernyataan tersebut membuat Jordi Amat kini berkesempatan untuk membela Timnas Indonesia, selesai masalah Jordi Amat kini beralih ke Sandy Walsh.

Baca Juga:   Dituduh Sering Ulur Waktu, Pelatih Vietnam Sebut Mental Pemain Terpengaruh Banyaknya Suporter yang Hadir

Pemain satu ini tak memiliki banyak kendala jelang dinaturalisasi,  Sandy Walsh bahkan yakin ia akan segera menjadi WNI dan bermain di Kualifikasi Piala Asia 2023.

”Sekarang, [proses naturalisasi] sudah 90-95 persen menuju selesai. Pada bulan April [2022], saya berharap akan resmi [jadi WNI],” ucap Sandy Walsh.

”Ada tiga pertandingan yang menentukan di Piala Asia 2023. Ini adalah fase kualifikasi terakhir dan Indonesia terakhir berpartisipasi pada 2007, jadi ada banyak yang dipertaruhkan,” pungkasnya.

(Editor/Gamin Min)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan