Demi memajukan prestasi Timnas Indonesia, Shin Tae-yong rela belajar budaya Islam. Shin Tae-yong pernah mempelajari budaya Islam sebelum diresmikan sebagai pelatih Timnas Indonesia di Stadion Pakansari pada pada Sabtu, 29 Desember 2019 siang WIB.

Saat itu, Shin Tae-yong menemui seorang dokter di Jakarta yang merupakan penganut agama Islam. Dalam pertemuan ini, Shin Tae-yong meminta sang dokter menceritakan banyak hal soal agama Islam.

“Sejak awal, saya mencoba memahami budaya Islam. Ada seorang dokter di Jakarta yang merupakan penganut agama Islam. Saya memintanya untuk bercerita soal agama Islam selama kurang lebih tiga jam,” kata Shin Tae-yong, Okezone mengutip dari media Korea Selatan, Sportalkorea.

“Saya belajar hal soal Islam dari sana, terutama bagian-bagian mana yang harus diperhatikan. Saya berjanji kepada pemain dan pelatih (lokal) untuk terus menghormati waktu beribadah mereka,” lanjut pelatih yang membawa Seongnam juara Liga Champions Asia 2010 ini,.

“Saya juga akhirnya tahu ibadah itu bisa dilakukan pada waktu tertentu. Saya melakukannya dengan baik tanpa merasakan ketidaknyamanan dalam latihan,” tegas ayah dua anak ini.

Baca Juga:   Jordi Amat Tak Sabar Main di Timnas Indonesia: Saya Sangat Excited Dan Bahagia

Setelah menemui dokter kenalannya, Shin Tae-yong mengunjungi Korean Cultural Center. Ia mendengarkan ceramah dari seorang pakar budaya Islam di sana.

“Pelatih Shin Tae-yong tiba di Indonesia pada 8 Desember 2019. Fokusnya untuk memahami budaya dan karakter islami pemain-pemain Indonesia,” tulis media Korea Selatan, Yonhap.

“Sehari setelahnya, Shin Tae-yong mengunjungi Korean Cultural Center di Indonesia dan mendengar ceramah dari pakar budaya Islam. Pelatih Shin menunjukan minat aktif dengan mengajukan sejumlah pertanyaan,” lanjut Yonhap.

Baca Juga:   Exco PSSI Berangkat ke Belanda, Kevin Diks dan Mees Hilgers Akan Bela Timnas Indonesia?

Kesimpulannya, Shin Tae-yong mempelajari budaya Islam demi beradaptasi dengan pemain-pemain Timnas Indonesia yang mayoritas beragama muslim. Ketika Shin Tae-yong sudah memahami budaya Islam, ia jadi tahu bagaimana cara mengelola skuad dengan baik dan benar.

Pelan-pelan Shin Tae-yong memperbaiki prestasi Timnas Indonesia. Di bawah asuhan Shin Tae-yong, Timnas Indonesia naik ke peringkat 150 FIFA dan lolos ke Piala Asia 2023, atau yang pertama dalam 16 tahun terakhir.

Sumber: Okezone

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan