Timnas Indonesia tak bisa dianggap enteng berkat reputasi Shin Tae-yong yang mendunia dan bukan kaleng-kaleng. Terbukti, Shin Tae-yong mendapatkan pujian setinggi langit dari Presiden Federasi Sepakbola Argentina (AFA), Claudio Fabian Tapia.

Ketua Umum PSSI-nya Argentina itu mengaku cukup mengetahui kekuatan Timnas Indonesia di bawah asuhan Shin Tae-yong. Terlebih, Shin Tae-yong merupakan pelatih yang bukan kaleng-kaleng karena pernah menangani Korea Selatan di Piala Dunia 2018 dan mengalahkan tim sekelas Jerman.

Karena itu, Claudio Tapia menegaskan Timnas Indonesia saat ini tidak bisa dipandang sebelah mata sejak dilatih oleh Shin Tae-yong. Timnas Argentina yang diperkuat Lionel Messi dan kawan-kawan pun dituntut untuk mewaspadai Timnas Indonesia pada laga FIFA Matchday Juni 2023 nanti.

“Indonesia tidak bisa diremehkan. Mereka dilatih oleh Shin Tae-yong yang kami semua tahu kemampuannya,” ungkap Claudio Tapia dalam wawancara dengan TyC Sports, dikutip dari laman resmi PSSI, Senin (5/6/2023).

Tak heran jika Presiden AFA itu mengakui kehebatan Shin Tae-yong. Meski belum mempersembahkan gelar juara, Shin Tae-yong bisa dibilang mampu mengangkat kemajuan sepakbola Indonesia khususnya Timnas Indonesia.

Tercatat, Shin Tae-yong berhasil membawa Timnas Indonesia naik 24 peringkat di ranking FIFA hingga kini bertengger di ranking 149 dunia sejak debutnya sebagai pelatih skuad Garuda. Luar biasanya, pelatih 53 tahun itu berhasil melakukan pencapaian tersebut hanya dalam kurun waktu dua tahun saja.

Baca Juga:   Jangan Salah Paham, PSSI Jelaskan Syarat Mutlak Pemain Keturunan Incaran Shin Tae-yong

Dalam kurun waktu tersebut, Shin Tae-yong juga membawa tim Timnas Indonesia lolos ke putaran final Piala Asia 2023 lewat jalur kualifikasi. Terakhir kali, Tim Merah Putih lolos ke putaran final Piala Asia lewat jalur kualifikasi pada edisi 2004.

Bukan hanya itu, Timnas Indonesia di bawah Shin Tae-yong mencatat statistik apik dengan hanya menelan dua kekalahan dari 13 laga sejak Juni 2022. Tiga pertandingan lain berakhir dengan hasil imbang, sedangkan delapan laga sisanya berakhir dengan kemenangan.

Baca Juga:   Komentar di IG Elkan Baggott, Shayne Pattynama Tegaskan Gabung Timnas Indonesia di FIFA Matchday Juni 2023

Statisik positif di atas menjadi bekal bagi Shin Tae-yong untuk memimpin Timnas Indonesia melawan juara Piala Dunia 2022 yakni Argentina di FIFA Matchday Juni 2023. Sesuai jadwal, laga Timnas Indonesia vs Argentina bakal digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Senin 19 Juni 2023.

Sebelum menghadapi Lionel Messi dan kawan-kawan, Timnas Indonesia akan lebih dulu menantang Palestina. Pertandingan tersebut bakal dilangsungkan di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, pada Rabu 14 Juni 2023.

Sumber: okezone

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan