Lima alasan Shin Tae-yong bakal bawa Timnas Indonesia U-23 juara Piala AFF U-23 2023 akan dibahas di sini. Salah satu di antaranya adalah faktor para pemain naturalisasi.

Pada Rabu (5/7/2023) kemarin, Ketum PSSI Erick Thohir telah memastikan bahwa Shin Tae-yong bakal menangani Timnas Indonesia U-23 untuk Piala AFF U-23 2023 dan kualifikasi Piala Asia U-23 2024. Untuk Piala AFF U-23 2023, targetnya adalah menjadi juara.

Ini adalah target yang sangat mungkin digapai oleh Shin Tae-yong. Setidaknya, ada lima hal yang melatarbelakangi hal tersebut. Simak pembahasan kami di bawah ini.

Berikut 5 Alasan Shin Tae-yong Bakal Bawa Timnas Indonesia U-23 Juara Piala AFF U-23 2023

5. Baru Juara SEA Games 2023

Indonesia boleh dibilang memiliki skuad U-23 terbaik di Asia Tenggara pada saat ini. Sebab, Timnas Indonesia U-22 baru saja memenangkan SEA Games 2023 lalu dengan dominan.

Skuad asuhan Indra Sjafri tersebut melalui fase grup hingga final tanpa sekali pun mengalami kekalahan. Skuad Timnas Indonesia U-23 untuk Piala AFF U-23 diperkirakan akan banyak mengandalkan pemain dari tim tersebut.

4. Vietnam Bawa Pemain U-20

Salah satu rival utama Indonesia meraih gelar juaara adalah Vietnam. Di SEA Games 2023 lalu, Indonesia sebenarnya berjumpa di babak semifinal.

Baca Juga:   Wajah STY Melihat Drawing Piala Asia 2023, Netizen: Senyumannya Nampak Mengkhawatirkan

Timnas Indonesia U-22 menang dengan skor tipis 3-2 pada saat itu kontra Vietnam, yang membawa tim U-20. Pelatih Philippe Troussier memutuskan untuk memberi kesempatan lebih kepada para pemain U-20 untuk ajang U-23.

3. Sepakbola Thailand Sedang Terguncang

Thailand juga merupakan salah satu lawan terberat Indonesia di Asia Tenggara. Mereka merupakan lawan Timnas Indonesia U-22 di final pada SEA Games 2023 lalu.

Namun, kancah sepakbola Thailand sedang terguncang belakangan karena pengunduran diri sang Ketua Umum Federasi, Somyot Poompanmoung, yang akhirnya batal mundur. Hal-hal yang terjadi di luar lapangan berpotensi mengganggu kiprah di lapangan.

Baca Juga:   Kalah Lawan Yeungnam University, Shin Tae-yong Temukan dan Ungkap 2 Kelemahan Timnas Indonesia U-19

2. Rekam Jejak Bagus di Kompetisi Piala AFF U-23

Sepanjang sejarahnya, Piala AFF U-23 baru digelar tiga kali. Indonesia, Thailand, dan Vietnam memenangkan masing-masing sekali pada ajang ini.

Indonesia sendiri baru sekali tampil di ajang ini. Namun, dalam satu-satunya kesempatan tersebut, Indonesia sukses menjadi juara pada tahun 2019 silam setelah mengalahkan Thailand 2-1 di final.

Kompetisi juga merupakan ajang pembuktian kepada Shin Tae-young untuk tetap bertahan tangani Timnas Indonesia sebelum tampil di Piala Asia 2023.

Sumber: Okezone

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan