Level Asia tidak jauh berbeda dengan Eropa dan Amerika. Terbukti tim-tim Asia banyak libas raksasa sepak bola baik dari Eropa maupun Amerika pada fase grup piala dunia 2022.

Terbaru, Korea Selatan menjegal Uruguay melaju ke fase 16 besar meskipun menang atas Ghana. Keganasan Korea Selatan tersaji setelah membungkam Portugal yang merupakan juara UEFA beberapa tahun silam di laga terakhir Grup H di Education City Stadium, Jumat (2/12/2022) malam WIB. Son Heung-min dkk finis sebagai runner-up Grup H dengan empat poin.

Korea Selatan menjadi negara konfederasi Asia ketiga yang lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022. Taeguk Warriors mengikuti jejak Jepang dan Australia.

Ini jadi sejarah. Untuk pertama kalinya, tiga negara dari konfederasi Asia masuk ke fase knockout di putaran final Piala Dunia.

Jepang lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 sebagai juara Grup E dan akan menghadapi Kroasia. Samurai Biru menumbangkan dua raksasa Eropa, Jerman dan Spanyol, di fase grup.

Baca Juga:   Misteri Hilang Munir El-Haddadi di Skuad Singa Atlas, Bisa Jadi Pelajaran Bagi Indonesia

Sementara itu, Australia finis sebagai runner-up Grup D di bawah Prancis. The Socceroos mengalahkan Tunisia dan Denmark dalam perjalanannya menuju babak 16 besar.

Pada babak 16 besar, tiga wakil Asia ini kembali akan berjibaku dengan negara di dua kawasan tersebut.

Jepang akan menghadapi Kroasia yang diperkuat oleh pemain top dunia. Sedangkan Australia lebih mengerikan lagi, tim berjuluk The Socceroos akan meladeni Lionel Messi dkk di babak berikutnya.

Baca Juga:   Cadangkan Ronaldo Lawan Swiss, Santos: Itulah Yang Saya Pikirkan

Tidak jauh berbeda dengan Korea Selatan, Son dkk akan mencoba menjegal brasil di babak 16 besar. Brasil merupakan kekuatan klasik dalam sepak bola dunia. Negara samba ini banyak melahirkan pemain kelas Wahid dan menjadi pemasok bintang sepak bola yang menyebar di penjuru dunia.

Mampukah tiga wakil Asia ini berbicara banyak di babak 16 besar dan membawa piala dunia ke kawasan asia !

Tuliskan komentar anda!

(Editor/Fathur Rozi)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan