Persebaya Surabaya belum berkenan untuk melepas Marselino Ferdinan ke Timnas U-19 Indonesia.

Pelatih Bajul ijo, Aji Santoso menegaskan, keputusan tersebut diambil karena didasarkan pada beberapa alasan yang menjadi pertimbangan demi kebaikan bersama.

Namun demikian, Aji berjanji akan tetap mengizinkan Marcelino Ferdinand untuk bergabung dengan TC Timnas. Namun waktunya bukan setelah pertandingan ketujuh Liga 1.

Aji Santoso menegaskan, Marselino masih dibutuhkan untuk bermain dengan Persebaya karena memang sangat dibutuhkan.

Demikian juga dengan kondisi fisik dari Marselino yang masih belum 100 persen sembuh setelah mengalami cedera di Piala AFF U-19 2022.

“Ya itulah yang membuat saya sendiri pusing, dari awal minggu pertama sampai hari ini minggu ketujuh tidak menurunkan Marsel 100 persen,” ujar Aji Santoso setelah pertandingan melawan PSS Sleman pada Sabtu (27/8/2022).

Baca Juga:   Kabar Buruk Didapatkan Shin Tae-yong Usai Timnas Indonesia U-19 Dibantai Yeungnam University

Pemain berusia 17 tahun itu memang belum kembali ke kondisi fisiknya yang semula setelah mengalami cedera cukup parah.

“Marsel memang belum sembuh banget, kondisinya belum fit banget.”

Aji Santoso menambahkan Marselino bakal mengikuti TC bersama Timnas U-19 Indonesia setelah pertandingan kandang Persebaya melawan Bali United.

“Marsel akan berangkat setelah pertandingan melawan Bali United.” Ucap pelatih terbaik Liga 1 itu.

Coach Aji juga menyampaikan agar semua pihak memahami kondisi Persebaya yang tetap mempertahankan Marselino Ferdinan

“Jadi kami harapkan semua bisa memahami kondisi kami.”

Secara tegas Aji Santoso mengatakan pihaknya akan mendukung penuh program dari Timnas Indonesia.

“Yang jelas Marsel akan kita support untuk timnas, tapi kemungkinan besar berangkatnya setelah pertandingan melawan Bali United.”

Sementara itu, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan menekankan pentingnya para pemain timnas untuk selalu disiplin dan tepat waktu ketika mendapatkan panggilan membela Merah Putih.

Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia tengah melakukan pemusatan latihan untuk menetap ajang Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 yang sedang menanti timnas U-19.

Pria yang akrab disapa Iwan bule tersebut menegaskan bahwa para pemain tidak boleh mengabaikan panggilan Timnas dan bertindak seenaknya sendiri.

Keputusan tersebut juga berlaku kepada semua pemain termasuk  Alfriyanto Nico, Cahya Supriadi, Frengky Deaner Missa, Ginanjar Wahyu dan Muhammad Ferarri yang berasal dari Persija Jakarta, serta Marselino Ferdinan yang merupakan wonderkid Persebaya Surabaya.

Para pemain tersebut hingga saat ini belum bisa gabung TC timnas karena masih dibutuhkan klub masing-masing untuk mengarungi lanjutan Liga 1 Indonesia 2022—2023.

Terkait hal tersebut, Iwan Bule memberikan keleluasaan bagi pelatih Shin Tae-yong untuk mencoret pada pemain tersebut dari daftar Skuad Garuda Nusantara.

Lebih lanjut, Iwan Bule menegaskan bahwa keenam pemain tersebut wajib menghadiri TC timnas U-19 paling lambat pada 4 September mendatang.

“Mereka telat ke timnas dengan izin Shin Tae-yong. Namun, tanggal 4 September mereka harus bergabung. Lebih cepat lebih baik. Ini penting sekali,” kata Iriawan seperti dilansir Antara, Selasa (30/8/2022).

“Setelah tanggal 4 September, semuanya terserah Shin. Kalau mau mencoret juga terserah dia,” tambahnya.

Sementara itu, terkait kondisi timnas U-19 saat ini, Iwan menilai fisik para pemain sangat baik.

“Badan mereka terlihat kekar dan lincah. Kami akan memberikan yang terbaik untuk mereka dalam persiapan menjelang kualifikasi,” tutur dia.

(Editor/Fathur Rozi)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan