Proses naturalisasi pemain keturunan hingga kini belum usai, tiga pemain yang akan dinaturalisasi yaitu Jordi Amat, Shayne Pattynama dan Sandy Walsh belum bisa bermain di Kualifikasi Piala Asia 2023.

Sandy Walsh dan Jordi Amat sendiri proses naturalisasinya sudah lebih jauh dibandingkan Shayne Pattynama yang belum ke Indonesia untuk medical check up dan lain sebagainya.

Jordi Amat dan Sandy Walsh kini sedikit lagi akan bisa membela Timnas Indonesia, sayangnya hingga kini kedua pemain tersebut belum memiliki paspor Indonesia dengan begitu mereka belum bisa bela Timnas.

Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Hasani Abdulgani, menegaskan kedua pemain tersebut belum menerima paspor Indonesia hingga saat ini.

Mengingat rangkaian proses naturalisasi pemerintah Indonesia juga masih belum sepenuhnya selesai.

“Untuk bermain di kualifikasi Piala Asia, mereka bertiga perlu paspor Indonesia. Sampai hari ini belum diterima karena masih proses di pemerintah,” jelas Hasani kepada Sportstars.id, Jumat (27/5/2022).

Dengan begitu, Sandy Walsh dan Jordi Amat belum bisa membela Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023 pada Juni nanti lantaran FIFA meminta paspor apabila pemain ingin membela negaranya.

“Belum bisa tampil di Kualifikasi Piala Asia 2023, kalau belum ada paspor,” lanjutnya.

Hasani Abdulgani belum bisa memastikan kapan kedua pemain tersebut bisa membela Timnas Indonesia, selama belum mempunyai paspor Sandy Walsh dan Jordi Amat belum bisa bela Timnas.

“Mereka baru bisa main ya setelah mereka mendapat paspor,” tutup Hasani.

Seperti yang diketahui, selain Walsh dan Amat yang akan dinaturalisasi, ada satu pemain keturunan lainnya yang juga mengikuti proses serupa. Sosok yang dimaksud adalah Shayne Pattynama.

Namun dirinya masih belum tiba di Indonesia saat ini. Terbaru Pattynama akan datang ke Jakarta pada akhir Mei ini.

Timnas Indonesia sendiri sudah memanggil Sandy Walsh dan Jordi Amat untuk berlatih bersama jelang bermain di FIFA Matchday lawan Bangladesh, namun tetap kedua pemain tersebut hanya akan berlatih.

Untuk Shayne Pattynama ia belum ke Indonesia untuk lanjut urus naturalisasi, hal itu membuat Shin Tae-yong belum memanggilnya untuk latihan bersama Timnas.

(Editor/Yusril Fahmi)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan